Platform Intermediary Terus Jadi Perbincangan, Tanggung Jawab Hukum Perlu Dipetakan

- Kamis, 23 September 2021 | 10:48 WIB
Salah satu penjelasan soal Platform Intermediary atau Platform Perantara. (suaramerdeka.com / dok)
Salah satu penjelasan soal Platform Intermediary atau Platform Perantara. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kehadiran Platform Intermediary/Platform Perantara sebagai akses informasi dan pengetahuan masih terus menjadi perbincangan dalam aspek tanggungjawab dan kewajiban hukum.

Kemudahan konvergensi fungsi, konten, dan fitur yang disediakan oleh platform membutuhkan ekosistem tata kelola yang tidak hanya lincah (agile) namun juga bersifat inklusif.

OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) mendefinisikan Platform Intermediary sebagai sektor bisnis yang berperan mempertemukan atau memfasilitasi transaksi antara pihak ketiga di Internet.

Mereka memberi akses, menempatkan, mengirimkan dan mengindeks konten, produk dan layanan yang berasal dari pihak ketiga di Internet atau memberikan layanan berbasis Internet kepada pihak ketiga.

Baca Juga: Dolar Sedikit Lebih Tinggi dari Mata Uang Lain di Tengah Pengumuman Kebijakan Fed

Platform Intermediary mencakup perusahaan web hosting, Penyedia Layanan Internet (ISP), mesin pencari dan platform media sosial.

Dr. Justisiari P. Kusumah, S.H., M.H. – Managing Partner K&K Advocates mengatakan, dari adanya berbagai kegiatan di Internet, berbagai masalah hukum muncul berkaitan dengan peran Platform Intermediary.

“Sebagian besar kegiatan adalah kegiatan yang sah menurut hukum, namun ada pula kegiatan yang masih abu-abu dari segi interpretasi peraturan sehingga menimbulkan banyak pertanggungjawabannya” katanya dalam Webinar K&K Advocates bertajuk “Tanggung Jawab Platform Intermediary di Indonesia”, hari ini, Kamis, 23 September 2021.

Dijelaskan Dr. Justisiari, Platform Intermediary secara tidak langsung menyajikan konten yang bermuatan teks, gambar, lagu, atau video buatan pengguna yang muatannya memiliki berbagai macam potensi.

Baca Juga: Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022 Resmi Ditetapkan Pemerintah, Catat Tanggalnya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X