Pak Penghulu pun Kenakan APD

- Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB
SM/dok : PAKAI APD: Petugas KUA Kecamatan Bantarsari, Cilacap memakai APD prosesi akad nikah. Karena pengantin dan wali positif Covid-19, beberapa waktu lalau. (70)
SM/dok : PAKAI APD: Petugas KUA Kecamatan Bantarsari, Cilacap memakai APD prosesi akad nikah. Karena pengantin dan wali positif Covid-19, beberapa waktu lalau. (70)

Pandemi Covid-19 memaksa semua orang beradaptasi dengan kebiasaan baru. Pembatasan oleh pemerintah untuk mencegah penularan membuat berbagai aktivitas tak bisa berjalan secara normal.

HAJATAN pernikahan adalah salah satu kegiatan yang terdampak kebijakan pembatasan selama pandemi Covid-19.

Pernikahan yang biasanya hiruk-pikuk dengan berbagai perayaan, kini tak lagi boleh digelar beramai-ramai. Apalagi kalau calon pengantin ataupun wali ternyata positif Covid-19 menjelang acara.

”Kepala KUA Kecamatan Bantarsari Pak Zen Tovikurrahman bercerita, ada calon pengantin mau menikah, tanggal sudah ditentukan, ternyata saat dites, positif Covid-19.

Saya diskusikan dengan teman (Satgas Covid-19 kecamatan), dan diputuskan tetap bisa jalan,” ungkap Camat Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Hary Winarno.

Menurutnya, dalam situasi seperti itu pemerintah harus hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami warga.

Atas pertimbangan itu, ia dan Satgas Covid-19 akhirnya memberikan izin pernikahan tetap berjalan. ”Saya melihat dalam ketentuan Kemendagri maupun instruksi bupati, tidak ada larangan mengenai hal tersebut,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, pernikahan dengan kondisi salah satu atau kedua calon pengantin ataupun wali positif Covid-19, diterapkan protokol kesehatan ketat.

Ia menuturkan, dalam proses tersebut petugas dari KUA (penghulu) memakai alat pelindung diri (APD) lengkap.

Selain itu, jarak diatur cukup jauh untuk mencegah penularan. ”Jarak antara calon pengantin atau wali yang positif dengan orang lain bahkan sampai sembilan meter. Persetujuan dengan isyarat atau pakai pengeras suara,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X