Cegah Degradasi Moral Milenial, Dinsos Jateng Gelar Lomba Kepahlawanan

- Selasa, 21 September 2021 | 18:19 WIB
Kepala Dinas Sosial Pemprov Jateng, Harso Susilo. (suaramerdeka.com/dok)
Kepala Dinas Sosial Pemprov Jateng, Harso Susilo. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Nilai-nilai kepahlawanan mesti ditekankan pada generasi muda. Hal itu sebagai benteng arus globalisasi dan ancaman degradasi moral pada milenial yang begitu familiar dengan teknologi informasi maupun media sosial.

Kepala Dinas Sosial Pemprov Jateng, Harso Susilo mengatakan nilai kepahlawanan itu bisa disampaikan baik di sekolah, lingkungan tempat tinggal dan bahkan oleh para orang tua pada anak-anaknya di rumah.

Namun, dalam penyampaian mesti disesuaikan dengan era anak-anak muda saat ini. Yakni dengan bahasa yang milenial pula sehingga akan mudah dipahami serta diterima selanjutnya diterapkan.

Baca Juga: PDI Perjuangan Komitmen Ikuti Tahapan Pileg dan Pilpres: Relawan Dibentuk Usai Paslon Resmi Ditetapkan

"Misalnya di medsos, terapkan nilai-nilai itu. Harus ditekankan etika bermedsos siswa oleh sekolah hingga lingkungan tempat tinggal."

"Karena anak-anak muda ini tanggungjawab kita bersama," kata Harso usai membuka lomba karya ilmiah kepahlawanan antar pelajar tingkat SMA se-Jateng di Kantor Dinsos Jateng Kota Semarang, Selasa, 21 September 2021.

Harso mengatakan ancaman lain yang tak kalah mengerikan bagi anak-anak muda adalah terorisme, narkoba, pornografi atau faham-faham lain yang tak sejalan dengan nasionalisme dan NKRI.

Baca Juga: RK: Siap-Siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

Melalui lomba tersebut diharapkan akan menguatkan nilai-nilai nasionalisme, persatuan kesatuan dan kesetiakawanan sosial serta empat pilar kebangsaan.

Hal itu jangan sampai hanya sebatas semboyan semata namun harus diimplementasikan dalam perbuatan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X