RK: Siap-siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

- Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK)saat Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Jabar. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK)saat Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Jabar. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyebut dinamika kasus Covid-19 terus menunjukan tren menurun. Karenanya, dia meminta masyarakat bersiap memulai babak baru selepas pandemi.

"Bisa memulai hidup dengan Covid-19 sebagai endemi bukan lagi sebagai kedaruratan pandemi," tandasnya secara daring, Selasa (21/9).

Kapan itu bisa bergulir, mantan Walikota Bandung itu menyebut akan sangat bergantung pada penanganan kasus yang angkanya terus menyusut di wilayahnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, situasi tersebut cenderung tak akan lama lagi. Pasalnya, kasus yang tengah ditangani tak lagi signifikan dibanding pada saat puncak kasus merebak di bulan-bulan sebelumnya.

Baca Juga: The Queen’s Gambit Borong 11 Piala Emmy 2021, Kisahkan Perjuangan Beth jadi Pemain Catur Dunia

Bahkan, dia menyebut kondisi pada saat ini benar-benar cukup menggembirakan. Hal ini pun merujuk pada tingkat keterisian rumah sakit (bed occupancy rate) yang makin rendah.

"Sudah sangat membaik, keterisian rumah sakit pun tingal 7,5 persen, kemudian kasus aktif juga turun dari 120 ribu, kini tinggal 4.500," kata Ridwan Kamil. "

"Dan kita berharap yang 4.500 ini bisa segera sembuh dalam hitungan satu pekan sehingga Jabar bisa lebih terkendali dan siap memulai hidup baru dengan Covid-19 sebagai endemi," jelasnya.

Sementara itu, Staf Pengajar Program Studi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad Dr Uud Wahyudin mengingatkan peran komunikasi publik yang cukup krusial dalam menekan penyebaran Covid-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X