Luhut: Instruksi Presiden Jokowi Tegas untuk Segera Bertransisi Energi

- Selasa, 21 September 2021 | 13:00 WIB
Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan saat memaparkan materi dalam Indonesia Energy Transition Dialogue 2021. (suaramerdeka.com / dok)
Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan saat memaparkan materi dalam Indonesia Energy Transition Dialogue 2021. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia perlu melakukan beberapa langkah untuk mempercepat upaya peralihan dan pengembangan energi terbarukan pada 2050.

Beberapa langkah di antaranya adalah dengan menyelaraskan regulasi dan kebijakan serta mendorong investasi energi terbarukan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah Indonesia pada dasarnya akan selalu berkomitmen dan berusaha yang terbaik untuk mencegah kenaikan suhu bumi 1,5 derajat celcius.

Ia menekankan bahwa instruksi Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk segera bertransisi energi.

Baca Juga: SMK Muhammadiyah Susukan Dipercaya Jadi Tempat Magang PT Komatsu Indonesia

Bahkan saat ini pemerintah sedang menyusun mekanisme transisi energi (energy transition mechanism) terutama untuk PLTU batubara Indonesia

“Dukungan pendanaan (financial support) sangat penting untuk mendukung transisi ke energi terbarukan," kata Luhut dalam The 4th Indonesia Energy Transition Dialogue (IETD) yang diselenggarakan oleh Institute for Essential Services Reform (IESR) dan Indonesia Clean Energy Forum (ICEF), Senin 20 September 2021 secara virtual

Dikatakan, perlu bantuan dari negara maju untuk mencapai netral karbon di tahun 2060 atau lebih cepat.

"Saat ini, peralihan coal (batubara) ke energi terbarukan sedang berjalan. PLTU batubara ada yang harus diberhentikan dan sedang disusun dengan PLN. Kita optimis bisa lebih cepat karena teknologi juga semakin berkembang jadi bisa lebih efisien,” papar Luhut.

Baca Juga: V BTS Berpose di UNGA, Langsung Jadi Trending di Twitter

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X