Pendidikan.id Rilis Komik Gratis “Serangan Maut Mendadak”

- Kamis, 20 Februari 2020 | 11:24 WIB
COVER: Halaman depan Komik Gratis “Serangan Maut Mendadak”. (suaramerdeka.com / dok)
COVER: Halaman depan Komik Gratis “Serangan Maut Mendadak”. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penyakit jantung masih menjadi ancaman dunia dan menjadi penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sebagai perbandingan; TBC, HIV/AIDS dan malaria secara keseluruhan 'hanya' membunuh 3 juta orang di seluruh dunia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ada sekitar 15 dari 1000 orang, atau hampir 4 juta orang di Indonesia menderita penyakit jantung.

Penyakit jantung mulai sering menyerang kelompok usia produktif, sehingga mortalitasnya menyebabkan beban ekonomi dan sosial terhadap masyarakat. Perhimpunan Dokter Spesialis jantung Indonesia (PERKI) mengatakan bahwa kesehatan jantung untuk semua orang adalah hak asasi manusia yang mendasar dan elemen penting dari keadilan kesehatan di dunia.

Terlepas dari negara, wilayah, asal, ras, jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pendapatan, setiap manusia berhak atas kesehatan dan kesejahteraan jantung melalui promosi kesehatan, akses ke pencegahan, kontrol, dan pengelolaan penyakit jantung. Penting untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita.

Menurunkan beban penyakit jantung di Indonesia tidak hanya tugas salah satu pihak, namun peran semua lapisan masyarakat (pasien, dokter, keluarga pasien, dan pembuat kebijakan).  "Sudah waktunya untuk kita semua bersama-sama menurunkan insidensi dan beban penyakit jantung dimulai dari langkah yang sederhana, yaitu: mulai hidup sehat," demikian rilis resmi Pendidikan.id, Kamis (20/2).

Di komik "Serangan Maut Mendadak" diceritakan tentang dunia penyakit jantung dengan bahasa yang ringan, dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna dan menarik. Membuat para pembaca asyik membaca dan setelah selesai membaca, pengetahuan tentang penyakit jantung dan cara pencegahannya sudah diperoleh.

Jadi, setelah membaca komik ini, diharapkan sudah mengerti apa saja penyebab penyakit jantung, pemicu, gejala sakit dan bagaimana cara mencegahnya sekaligus kemudian bisa memulai gaya hidup yang lebih sehat. Komik dapat diperoleh dan dibaca gratis tanpa harus membayar sama sekali. Hanya via mobile aplikasi Kipin School 4.0 yang tersedia di Android, IOS dan Windows 10.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X