STAIMA Cirebon Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren Mewisuda Sarjana

Red
- Selasa, 18 Februari 2020 | 07:26 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

CIREBON, suaramerdeka.com - Saat ini kian menjamur pondok pesantren yang memiliki perguruan tinggi. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly (STAIMA) Cirebon adalah salah satunya.

“Eksistensi STAIMA Cirebon yang merupakan perguruan tinggi berbasis pesantren hadir untuk memenuhi akses santri dan masyarakat pada pendidikan tinggi”, kata Syarif Abu Bakar Ketua STAIMA Cirebon saat Wisuda Sarjana ke-15, baru-baru ini.

Syarif Abu Bakar membahkan STAIMA Cirebon merupakan kampus yang masih kuwat mempertahankan tradisi pesantren, pengkajian kitab salaf sebagai kurikulum lokal dan prilaku adab dan akhlak. “kurikulum humanisme dan anti radikalisme dikembangkan dalam fikih pesantren”, kata Abu Bakar.

Habib Syarif Abu Bakar menyampaikan rasa bangga perguruan tinggi yang dipimpinnya mulai menjadi tempat berlabuh para santri untuk mendalami ilmu agama Islam (islamic studies).

“Suka dan duka telah kami lalui mendirikan STAI berbasis pesantren, namun berkat dukungan para sesepuh, ulama dan akademisi kami bisa eksis”, kata Pengurus Pimpinan Pusat Ansor ini.

STAIMA Cirebon telah mewisuda 113 mahasiswa yang berasal dari 25 orang Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan 88 orang dari Pendidikan Agama Islam (PAI). Wisudawan terbaik di raih oleh Rofiqoh dari Tarbyah/PAI dengan IPK 3,77 dan Nur Fathonah Syariah/HESY denga IPK 3,57.

Dihadapan para wisudawan dan wali wisudawan, Habib Syarif Abu Bakar menegaskan bahwa STAIMA berencana akan berubah status menjadi Institut Agama Islam Ma’had Aly. “Kami ohon dukungan dan bantuan dari Kementerian Agama RI, Pak Bupati Cirebon, Ketua DPRD dan juga seluruh masyarakat”, katanya.

Ruchman Basori Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag RI mengatakan pada hakikatnya tidak ada lulusan PTKI yang menganggur.

“Silahkan amati dengan saksama tidak ada sarjana PTKI menganggur, mereka berkhidmah di hampir semua sektor kehidupan terutama keagamaan dan kemasyarakatan”, tegas Ruchman.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X