Mudahkan Tangkap Tersangka, KPK Blokir Rekening Harun Masiku

- Selasa, 4 Februari 2020 | 19:15 WIB
foto: istimewa
foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Untuk memudahkan penangkapan tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memblokir rekening bank milik politikus PDIP, Harun Masiku.

"Tentunya, penyidik dipastikan telah melakukan tindakan hukum yang berkaitan dengan para tersangka untuk kemudian mengamankan terkait benda, aset, dan apapun yang berhubungan langsung dengan rangkaian perbuatan dengan para tersangkanya," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (4/2)

Menurutnya, pemblokiran rekening sebagai salah satu strategi untuk membatasi ruang gerak Masiku yang sampai saat ini masih buron.

"Jadi tentunya, penyidik sudah lakukan semuanya, dan diantisipasi itu," kata Ali.

Pada kasus ini, Harun Masiku diduga menyuap mantan komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Dia bersama-sama staf PDIP, Saeful, dan mantan anggota Bawaslu, Agustiani, sudah dijerat KPK. Namun, hingga kini tinggal Masiku yang masih buron.

KPK sebelumnya menetapkan Masiku sebagai tersangka pada Kamis, 9 Januari 2020. Terkait kasus ini, Masiku merupakan tersangka pemberi suap kepada Wahyu Setiawan. Uang suap yang diterima Wahyu disebut Rp 600 juta, guna memuluskan Masiku sebagai caleg anggota DPR dari PDIP menggantikan caleg dari Dapil Sumsel I Nazarudien Kiemas yang telah meninggal dunia.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB
X