Peringatan 63 Tahun LVRI Digelar Upacara dan Ziarah Pahlawan

- Kamis, 2 Januari 2020 | 12:13 WIB
Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Di tengah suasana banjir yang terjadi di Jakarta, Kamis pagi,  para Veteran Republik Indonesia memperingati 63 tahun terbentuknya Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dengan melakukan upacara dan ziarah pahlawan di Taman MakamnPahlawan Kalibata.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI Mayjen TNI Purn. Saiful Sulun menjadi Inspektur Upacara. Upacara juga dihadiri Ketua PPAU Marsekal TNI Purn Djoko Sujanto.

Upacara dan ziarah diikuti 600 peserta, terdiri anggota Veteran se DKI Jakarta, Pemuda Panca Marga (PPM), Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara, (PPAU), Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL), Persatuan Purnawirawan Polri, Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri), Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Hariyadi, dan sejumlah undangan lain.

Saiful Sulun mengatakan, di tengah derasnya arus budaya global dan bergesernya nasionalisme di kalangan generasi milenial, LVRI berharap bisa ikut berperan mencetak generasi penerus yang tetap cinta Tanah Air, cinta negeri, pantang menyerah, percaya diri.

Sejak 2012 LVRI dengan keterbatasannya terus melakukan sosialisasi JSN'45 kepada generasi penerus. Mulai dari tingkatan pendidikan dasar, pendidikan tinggi, hingga  organisasi kemasyarakatan, telah diberikan pemahaman soal pentingnya JSN'45.

"Kerjasama juga kami lakukan dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pendidikan Nasional, dan sejumlah kepala daerah di Jawa Barat dan Jawa Timur," ucap Saiful yang mantan Wakil Ketua MPR RI ini.

Sosialisasi JSN'45 dinilai Saiful amat penting bagi generasi penerus yang lebih individual dan kerap dianggap kurang nasionalismenya. Apalagi pewarisan jiwa semangat dan nilai-nilai kejuangan itu juga diatur dalam AD/ART LVRI yang dikuatkan melalui Keppres.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X