Ecofarming Tekan Biaya Produksi Hingga 70 Persen

- Senin, 20 September 2021 | 16:40 WIB
Ecofarming di Cianjur/Foto womantalk
Ecofarming di Cianjur/Foto womantalk

BANDUNG, suaramerdeka.com - Bank Indonesia melalui program pengembangan klaster pangan mendorong petani untuk melakukan pengembangan proses garapannya dengan integrated ecofarming berbasis microbakter alfaafa (MA-11).

Metode itu disebut mempunyai keunggulan di samping meningkatkan produktivitas, yakni mampu menekan biaya produksi hingga 40-70 persen hingga bisa diandalkan untuk memitigasi perubahan iklim global seperti kekeringan, badai, banjir sehingga mengancam keberlangsungan lahan pertanian.

Menurut Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto, program produk organik tersebut diharapkan bisa diadop 60 klaster pangan mitra mereka di wilayahnya termasuk di wilayah Priangan Timur dan Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Baca Juga: BTS Pakai Baju Tradisional Ucapkan Happy Chuseok Day, Ini Maknanya

"Metode tersebut dipilih dengan pertimbangan untuk melakukan sistem budidaya pertanian yang ramah lingkungan, zero waste, meningkatkan produktivitas lahan secara berkelanjutan, sustainable farming, dan menghasilkan produk pangan sehat," katanya dalam keterangannya, Senin (20/9).

Dijelaskan, klaster pangan yang menerapkan metode ecofarming tersebut di antaranya Kelompok Sri Makmur III dan Kelompok Cinta Tani yang berada di Kabupaten Indramayu dengan luas lahan masing-masing seluas 1 Hektare.

Mereka panen setelah 120 hari sejak penanaman atas varietas Bawor, Batuta, Ciherang, dan MSP 01 Modif.

Langkah tersebut juga menjadi bagian dari substitusi atas pola pertanian berbasis kimia yang cenderung berbiaya tinggi sehingga dalam jangka panjang menurunkan kualitas tanah.

Baca Juga: Keliru Menginjak Pedal, Mobil Terjun Bebas Masuk Kanal

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umrah Segera Dibuka, Simak Syaratnya Saat Pandemi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB
X