Hadapi Musim Penghujan, Mitigasi Banjir di Sekitar Proyek Kereta Cepat Jakarta--Bandung Disiapkan

- Senin, 20 September 2021 | 14:01 WIB
Proyek kereta cepat Jakarta Bandung. (foto: pikiran rakyat)
Proyek kereta cepat Jakarta Bandung. (foto: pikiran rakyat)

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT KCIC melalui konsorsium kontraktor proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah menyiapkan ikhtiar mitigasi guna meminimalisasi potensi banjir di lingkungan warga yang berada di sekitar proyek tersebut sebagai antisipasi musim penghujan di bulan-bulan ini.

“Para kontraktor yang tergabung dalam High Speed Railway Contractor Consortium (HSRCC) seperti CREC, Synohidro dan WIKA sudah melakukan berbagai perbaikan dalam sistem kerja terkait potensi banjir dan saluran drainase akibat kegiatan konstruksi,” kata GM Corporate Secretary PT KCIC, Mirza Soraya dalam keterangan yang diterima Senin, 20 September 2021.

Upaya-upaya mitigasi tersebut di antaranya penyisiran dan pemantauan ke sejumlah titik yang berpotensi menjadi penyebab banjir dan longsor.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR RI: Terus Tingkatkan Kewaspadaan Demi Terkendalinya Covid-19

Pihaknya ingin memastikan bahwa saluran tersebut selalu dalam keadaan normal.

Saluran itu mencakup sejumlah pintu air sungai dan saluran air di sekitar lokasi proyek yang memiliki potensi perubahan perilaku sebagai dampak dari pembangunan.

Tak hanya itu, konsorsium kontraktor proyek KCJB juga terus memonitor elevasi muka air pada outlet divertion secara berkala.

Baca Juga: Triawan Munaf Setuju Bioskop Lebih Aman bagi Masyarakat, Ini Alasannya

Di musim penghujan, aliran sungai yang berpotensi mengalami perubahan perilaku sebagai dampak proyek KCJB di antaranya sungai Sunter (DK 2+000) yang mengalami pemendekan dan sungai Cikarang (DK 27+000) yang telah dipasangi pier.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X