Kreativitas lewat Film tentang Rara Mendut

- Senin, 20 September 2021 | 01:00 WIB
SM/Beni Dewa - AMBIL GAMBAR: Proses pengambilan gambar film Bara oleh Teater Minatani Pati. (24)
SM/Beni Dewa - AMBIL GAMBAR: Proses pengambilan gambar film Bara oleh Teater Minatani Pati. (24)

Geliat Teater Minatani Pati saat Pandemi

Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap bertahan di tengah berbagai tekanan saat pandemi Covid-19. Membuat film salah satunya. Hal itulah yang dilakukan Teater Minatani Pati di tengah berbagai pembatasan ketika pandemi.

SESOSOK perempuan tampak memegang rokok yang menyala. Kepulan asap pun terlihat dari pantulan bayangan di dinding kayu. Sesekali dia berhenti menghisapnya dan kembali memandangi rokok itu. Kegelisahan mendalam begitu terasa meski adegan tersebut hanya ditampilkan dalam bentuk siluet.

Bayangan itu kemudian diabadikan lewat video. Para kameramen tak ingin melewatkan detik demi detik adegan yang dimainkan. Rupanya para anak muda itu tengah menggarap film Barayang menceritakan tentang Rara Mendut.

Hindari Pernikahan

Dalam film tersebut diceritakan bagaimana perjuangan Rara Mendut sebagai boyongan perang Mataram untuk menghindari pernikahan dengan Tumenggung Wiraguna.

Baginya, pernikahan dengan Wiraguna merupakan penghianatan bagi dirinya maupun kadipaten tempatnya berasal. Diapun memilih melawan meski bersiap dijerat dengan pajak yang tinggi. Wiraguna sengaja menetapkan pajak yang berat agar Mendut terdesak dan mau menikahinya. Sebagai perempuan yang memiliki aliran darah leluhur yang tak gampang menyerah, Mendut memilih berjualan rokok.

Siasat Wiraguna pun ditaklukkannya. Hal itu membuat Wiraguna geram. Terlebih ketika mengetahui jika Mendut memilih menambatkan hatinya pada Pranacitra, penjaga kuda milik Wiraguna. Konflik pun memuncak. Kisah Rara Mendut, bagi warga Pati tentu tidak asing. Cerita rakyat Pati itu mengulik kegelisahan tersendiri bagi anggota Teater Minatani.

Bagi mereka persoalan Mendut bukanlah sebatas percintaan belaka, namun ada tekad yang kuat dari Mendut untuk mempertahankan kehormatannya. Kegelisahan itu dimunculkan dalam penggarapan karya. Sebelumnya cerita itu diangkat dalam sebuah panggung virtual dengan kemasan teater. Kali ini kisah Mendut itu ganti coba diangkat dengan konsep film.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Jajaki Dukungan Capres

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Saatnya, Kawasan Selatan Jabar Jadi Sasaran Menawan

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:32 WIB
X