Ponpes Harus Manfaatkan Dana Abadi Pesantren dengan Maksimal

- Minggu, 19 September 2021 | 19:45 WIB
DPC PKB Kabupaten Grobogan dan PC NU Grobogan menggelar acara tasyakuran bersama atas terbitnya Perpres 82/2021 tentang pendanaan lembaga pesantren di kantor PC NU Grobogan, belum lama ini. (SM/dok)
DPC PKB Kabupaten Grobogan dan PC NU Grobogan menggelar acara tasyakuran bersama atas terbitnya Perpres 82/2021 tentang pendanaan lembaga pesantren di kantor PC NU Grobogan, belum lama ini. (SM/dok)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Ketua PCNU Kabupaten Grobogan, Drs H Abu Mansur berharap seluruh pesantren khususya yang berada di Kabupaten Grobogan dapat memanfaatkn semaksimak mungkin dana abadi pesantren yang disediakan oleh pemerintah.

Hal itu menyusul pengesahan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (2/9/2021) lalu.

Perpres ini mengatur tentang dana abadi pesantren, yaitu dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin kelangsungan pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

Baca Juga: Pemkab Kendal Siap Memberikan Hibah Pada Dekopinda

"Kami harap pemerintah membutuhkan persyaratan untuk mengakses dana abadi ini. Sehingga dana abadi pesantren ini dapat dinikmati dengan baik," katanya dalam tasyakuran bersama DPC PKB Kabupaten Grobogan dan PC NU Grobogan atas terbitnya Perpres 82/2021 tentang lembaga penyelenggara pesantren di kantor PC NU Grobogan, belum lama ini.

Menurut Drs H Abu Mansur mengatakan pengesahan Perpres tersebut sekaligus menjadi kado istimewa jelang Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober mendatang. Hal ini sekaligus menjadi angin segar bagi pengelola pesantren di seluruh tanah air.

Dia juga mengapresiasi komitmen pemerintah terhadap pesantren mulai dari penetapan Hari Santri Nasional, penerbitan UU Pesantren hingga disahkannya Perpres 82/2021. Ini bukti negara menjaga keerlangsungan pesantren.

“Saya atas nama Ketua PCNU Kabupaten Grobogan menyambut baik dan berterima kasih kepada pemerintah. Ini sangat bermanfaat bagi pesantren dalam membantu sarana prasarana, menunjang pembelajaran, pengadaan kitab, honor, dan kegiatan pendukung lain," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Grobogan Harus bersyukur karena terbitnya Perpres 82 tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren karena sudah dikawal PKB yaitu Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar sampai terbit.

Adanya Perpres ini akan menjadikan pesantren dan Nahdhotul Ulama bisa diperjuangkan bersama.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X