WNA Diperbolehkan Kembali Masuk Indonesia, Permohonan Visa Dikenai Syarat Tambahan, Apa Saja?

- Jumat, 17 September 2021 | 11:35 WIB
Bandara Internasional Sukarno-Hatta (Foto Istimewa)
Bandara Internasional Sukarno-Hatta (Foto Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Warga negara asing (WNA) diizinkan kembali masuk ke Indonesia.

Kebijakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021.

Peraturan tersebut berlaku mulai Rabu 15 September 2021.

Sebelumnya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2021, membatasi WNA yang memiliki visa dinas dan diplomatik saja yang bisa masuk ke Tanah Air.

“Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi orang asing pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara seperti dikutip dari siaran pers, Jumat 17 September 2021.

Baca Juga: Krisdayanti Terima Rp 4,2 Miliar selama Setahun, Said Didu Singgung soal Utang ke Rakyat

Subjek lain yang diberikan izin memasuki Indonesia meliputi orang asing pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional.

Selain itu, pelayanan visa offshore yang sebelumnya sempat ditangguhkan kini dibuka kembali. Permohonan persetujuan visa tersebut dapat diajukan berdasarkan jenis kegiatan orang asing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk permohonan persetujuan visa, bisa melalui website visa-online.imigrasi.go.id. Khusus untuk pengajuan visa kerja dilakukan melalui website tka-online.kemnaker.go.id.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X