Ada Kandungan Zat Berbahaya, BPOM Akan Wajibkan Galon PET Sekali Pakai Pasang Label Peringatan

- Jumat, 17 September 2021 | 11:25 WIB
Ilustrasi galon guna ulang. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi galon guna ulang. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menghindari kebijakan diskriminatif, BPOM akan wajibkan kemasan galon PET sekali pakai dengan label peringatan kandungan zat berbahaya.

Wacana kebijakan BPOM ini disampaikan oleh DR Ahmad Zainal Abidin, pakar polimer Institut Teknologi Bandung, yang ikut hadir dalam rapat BPOM tanggal 13 September lalu.

“Saya dapat klarifikasi dari BPOM kalau semua kemasan makanan dan minuman juga akan diatur."

"Semua material yang kontak dengan makanan dan minuman akan dibuat catatan sehingga semuanya aman untuk masyarakat. Jadi, semua kemasan makanan dan minuman akan diatur seluruhnya, termasuk galon sekali pakai,” jelas Zainal.

Baca Juga: Krisdayanti Terima Rp 4,2 Miliar selama Setahun, Said Didu Singgung soal Utang ke Rakyat

Zainal tidak setuju kebijakan diskriminatif yang hanya melabeli satu jenis kemasan makanan minuman saja karena pada dasarnya semua jenis kemasan terbuat dari bahan apapun memiliki potensi bahaya, dan harus diatur batas maksimalnya.

Menurut Zainal, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mewacanakan pelabelan semua kemasan makanan dan minuman yang beredar di pasaran.

Termasuk di antaranya galon PET sekali pakai, untuk mencantumkan keterangan lolos batas uji unsur pembuat polimernya - Etilena Glikol - yang berbahaya bagi kesehatan manusia karena diduga bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan.

BPOM beralasan wacana ini dibuat karena BPOM ini ingin semua makanan minuman yang dikonsumsi masyarakat itu aman dan menyehatkan.

Baca Juga: Pantau Vaksinasi Santri, Airlangga: Tren di Pekalongan Terus Meningkat

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X