Kasus Covid-19 Turun, Presiden: Tetap Optimistis, Namun Harus Selalu Waspada

- Kamis, 16 September 2021 | 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo (setkab.go.id)
Presiden Joko Widodo (setkab.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tren penurunan kasus Covid-19 yang terus terjadi di tanah air harus disikapi dengan optimistis namun penuh kehati-hatian.

Pesan soal Covid-19 disampaikan Presiden Joko Widodo dalam acara UOB Economic Outlook 2022 “Empowering the Indonesian Economy for Stronger Recovery”, Rabu 15 September 2021, secara virtual.

“Alhamdulillah, kasus Covid-19 terus menunjukkan tren penurunan. Kita sangat optimis, tetapi kita juga tetap harus selalu waspada. Sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia tidak masuk dalam 10 besar jumlah kasus tertinggi di dunia,” ujar

Kasus harian Covid-19, kata Presiden Joko Widodo, terus menurun sejak mencapai puncaknya di tanggal 15 Juli dengan 56 ribu kasus hingga menjadi 2.577 kasus pada 13 September 2021.

Baca Juga: Bengawan Solo Kembali Tercemar, Aliran Air PDAM Terancam Off Lagi

“Persentase kasus harian kita sebesar 13,6 kasus harian per satu juta [penduduk], jauh di bawah negara-negara tetangga kita ASEAN,” ungkapnya.

Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) nasional juga menurun hinga menjadi 13,8 persen.

“BOR Wisma Atlet yang dulu sempat 92 persen, saat ini juga turun menjadi 7 persen,” ujar Presiden.

Per 12 September 2021, positivity rate harian Indonesia berada di 2,64 persen, lebih baik dari persentase global yaitu 8,34 persen.

Baca Juga: DLCS Berproses Menuju Perubahan, dari Pola Konvesional ke Sekolah Kreatif

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X