Potensi Immersion Cooling Technology dalam Meningkatkan Efisiensi Energi di Indonesia Dikenalkan

- Rabu, 15 September 2021 | 11:30 WIB
seminar daring Indonesia-the Netherlands Technology Partnership Forum (INTPF). (suaramerdeka.com / dok)
seminar daring Indonesia-the Netherlands Technology Partnership Forum (INTPF). (suaramerdeka.com / dok)

DEN HAAG, suaramerdeka.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Belanda, dan Energy Academy Indonesia (ECADIN) bekerja sama mengadakan seminar daring Indonesia-the Netherlands Technology Partnership Forum (INTPF).

INTPF digelear pada Sabtu, 11 September 2021, Pukul 10.00-12.00 CEST / 15.00-17.00 WIB.

INTPF merupakan sebuah forum yang mempertemukan aktor-aktor kunci dari Indonesia dan Belanda untuk merintis kolaborasi inovasi teknologi antara kedua negara.

Webinar kali ini merupakan tindak lanjut dari simposium INTPF yang diadakan pada bulan Desember 2020 dan fokus pada topik dan aspek tertentu di bidang energi berkelanjutan (sustainable energy).

Baca Juga: ASN Bolos Kerja, Siap-siap Terima Sanksi, Ini Aturannya

Webinar edisi keempat kali ini mengambil tema "Immersion Cooling Technology: Towards Greener and More Energy Efficient Data Center".

Tema ini dipilih mengingat pertumbuhan data center secara global pada tahun 2021 telah tumbuh 18,30 persen dibandingkan tahun lalu, dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga sekitar 21 persen per tahun.

Di sisi lain, proses pendinginan pada data center menggunakan energi listrik hingga 43 persen dari total energi untuk operasional data center.

Tema terkait immersion cooling technology ini menjadi relevan karena teknologi pendingin data center yang semakin efisien akan mengurangi carbon footprint serta emisi CO2 yang lebih rendah.

Harapannya, webinar ini dapat menstimulasi diskusi, memperdalam wawasan, serta mendorong peluang kolaborasi dalam merealisasikan kebutuhan dan pertumbuhan industri data center di Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pak Penghulu pun Kenakan APD

Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB

PTM Tanpa Izin, 90 Siswa Terpapar Virus Korona

Rabu, 22 September 2021 | 01:29 WIB

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB

RK: Siap-siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB
X