Skenario Hadapi Endemi Covid-19 Disiapkan

Red
- Rabu, 15 September 2021 | 02:33 WIB
SM/Dananjoyo : KEDATANGAN WISATAWAN: Bus wisata berhenti di salah satu pusat perbelanjaan oleh-oleh di kawasan Pathuk, Yogyakarta, Selasa (14/9). Kedatangan para wisatawan dikhawatirkan membuat Yogyakarta menjadi zona merah lagi. PPKM Wilayah Yogyakarta masih Level 3 dan diperpanjang hingga 20 September mendatang. (24)
SM/Dananjoyo : KEDATANGAN WISATAWAN: Bus wisata berhenti di salah satu pusat perbelanjaan oleh-oleh di kawasan Pathuk, Yogyakarta, Selasa (14/9). Kedatangan para wisatawan dikhawatirkan membuat Yogyakarta menjadi zona merah lagi. PPKM Wilayah Yogyakarta masih Level 3 dan diperpanjang hingga 20 September mendatang. (24)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat bersiap untuk menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi Covid-19. Pemerintah pun kini mempersiapkan berbagai skenario atau peta jalan untuk menghadapinya.

Selama masa transisi, Jokowi menekankan agar masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi tidak terlarut dalam euforia.

Terkait skenario tersebut, Kepala Pusdiklat BNPB Berton Panjaitan mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan langkah-langkah (skenario) yang harus dilakukan.

”Ini sebenarnya ranah Kemenkes. Sebagai koordinator kegiatan kebencanaan, kami berkoordinasi dengan Kemenkes dan kementerian-kementerian terkait, misalnya Kemendagri, Kemenlu, dan Kemenhub, sebenarnya (soal endemi ini) sudah dibicarakan di tingkat atas,” ujar Berton di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Selasa (14/9).

Masih Koordinasi

”Mungkin langkah-langkah detailnya menyusul. Sekarang masih di level koordinasi. Kemenkes tengah membuat langkah menuju ke sana, yang akan dikoordinasikan ke daerah oleh Mendagri, yakni Mendagri ke gubernur terkait langkah-langkah secara detail dari Kemenkes,” ungkap Berton.

Melihat pandemi yang terjadi di berbagai belahan dunia, Berton mengatakan, biasanya status pandemi akan berubah menjadi endemi setelah dua atau tiga tahun berlalu.”Secara keilmuan, setelah 2 -3 tahun, pandemi Covid-19 diupayakan menjadi endemi,” kata Berton. Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah menyiapkan skenario jika status Covid-19 menjadi endemi di Indonesia.

Budi mengatakan status endemi berlaku jika Covid-19 sudah menyerang 1,9 juta jiwa dalam kurun setahun. ”Jadi skenario kondisi endemi kita memperkirakan bahwa kasus setahun itu 1,9 juta kasus positif.

Untuk informasi sekarang kasus kita sudah berjalan sejak Maret 2020 itu sudah ada 4 juta kasus,” kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX, Senin (13/9). ”Jadi kita untuk skenario A bahwa ini kondisinya membaik terus atau rata dengan kondisi sekarang ada 1,9 juta kasus,” lanjutnya.

Sementara skenario B, digunakan jika kasus korona melonjak. Estimasi kasus untuk skenario ini adalah 3,9 juta jiwa. ”Untuk saat ini kasus masuk kategori normal.” Meski demikian, testing dan vaksinasi masih akan tetap berjalan meski dalam status endemi. Pihaknya terus mengupayakan proses vaksinasi agar bisa didapat oleh seluruh kalangan.

Halaman:

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB

Ecofarming Tekan Biaya Produksi Hingga 70 Persen

Senin, 20 September 2021 | 16:40 WIB
X