Padat Kunjungan, Destinasi Wisata Tak Kontrol Protokol Pandemi Diingatkan RK

- Selasa, 14 September 2021 | 19:19 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) dalam  Rapat Komite Penanganan Covid-19, Selasa 14 September 2021 (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) dalam Rapat Komite Penanganan Covid-19, Selasa 14 September 2021 (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pasca penurunan kasus Covid-19, Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) menyebut ada kecenderungan aktivitas wisata di wilayahnya tak mengikuti protokol penanganan pandemi.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan pengelola untuk bersikap bijak. Pelonggaran yang diberikan tetap harus disikapi dengan respon cermat dan terukur mengingat wabah belum sepenuhnya tuntas.

"Kami dengan Kapolda sepakat wisata boleh buka tapi tak 100 persen, tapi kebanyakan destinasi membuka namun tak mengontrol dan cenderung memaksimalkan kapasitas," katanya secara daring usai Rapat Komite Penanganan Covid-19, Selasa 14 September 2021. 

Baca Juga: PTM Digelar, Nadiem: Sekolah di Wilayah PPKM Level 1-3 Jangan Ragu

Pihaknya memahami bahwa situasi saat ini begitu dirindukan. Aktivitas wisata kembali bergulir setelah untuk sementara waktu harus berhenti karena kasus meninggi sehingga PPKM darurat atau level diberlakukan.

Hanya saja, dia mewanti-wanti risiko yang bisa ditimbulkan dari pendekatan yang cenderung abai terhadap pola-pola penanganan pengendalian Covid-19. Pihaknya tak ingin tren positif ini jadi terganggu.

Tren tersebut di antaranya ditandai dengan penurunan bed occupancy rate, tingkat keterisian rumah sakit yang semakin rendah. BOR di Jabar, katanya, mencatat sejarah setelah sempat melejit.

Baca Juga: Tren Data Bocor Makin Marak, Badan Siber Perlu Penguatan

"Untuk pembatasan kunjungan, ini masih ada pelanggaran. Jadi saya harap panduan yang ada bisa dipatuhi, karena kami melihat untuk wisata ini, sangat padat," katanya. "Untuk BOR RS sendiri, untuk pertama kalinya kita berada di bawah satu digit, 9,3 persen semoga bisa dipertahankan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Didesak Batalkan TWK

Sabtu, 18 September 2021 | 01:50 WIB

Hadapi Ledakan Mobilitas Penduduk

Sabtu, 18 September 2021 | 01:39 WIB

Polres Usulkan IPAL di Polokarto

Sabtu, 18 September 2021 | 01:28 WIB
X