Kebijakan Pengendalian Covid-19 Harus Konsisten Persiapkan Norma Baru

- Selasa, 14 September 2021 | 15:33 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Sejumlah kebijakan pengendalian penyebaran virus corona di Tanah Air harus dilaksanakan secara konsisten agar masyarakat terbiasa dengan norma-norma baru yang wajib dijalankan untuk cegah penularan Covid-19.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan sejumlah kebijakan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), seperti persyaratan dalam perjalanan dan berkunjung ke area publik dan mal yang ditetapkan pemerintah harus konsisten dilakukan, termasuk sanksinya bila kebijakan tersebut dilanggar.

"Berbagai persyaratan dalam sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19 harus diterapkan dengan benar dan konsisten sehingga masyarakat bisa mematuhi kebijakan tersebut," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 14 September 2021.

Baca Juga: Pertama Kali Masuk Nominasi VMA, Olivia Rodrigo Langsung Boyong 3 Penghargaan

Menurut Lestari, kebijakan tersebut harus benar-benar dilaksanakan dengan konsisten di lapangan agar masyarakat memahami dan mematuhinya.

Lebih jauh, jelasnya, konsistensi dalam penerapan sebuah kebijakan sangat penting untuk menjaga kewibawaan para pemangku kepentingan di mata masyarakat.

Apalagi, sejumlah kebijakan tersebut juga berkaitan dengan upaya penerapan norma-norma baru dalam keseharian masyarakat pascapandemi.

Sebelumnya, tambah Lestari sempat terungkap bahwa sepanjang penerapan skrining lewat aplikasi Peduli Lindungi di pusat-pusat kegiatan publik seperti di mal di masa PPKM, kedapatan 3.000-an masyarakat yang terpapar Covid-19 tetap berkegiatan di ruang publik.

Baca Juga: Masak Pare Biar Pahitnya Hilang, Ini Nih Rahasianya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Didesak Batalkan TWK

Sabtu, 18 September 2021 | 01:50 WIB

Hadapi Ledakan Mobilitas Penduduk

Sabtu, 18 September 2021 | 01:39 WIB

Polres Usulkan IPAL di Polokarto

Sabtu, 18 September 2021 | 01:28 WIB

Borobudur dan Prambanan Mulai Dibuka

Sabtu, 18 September 2021 | 01:20 WIB
X