Pemerintah Tetap Lakukan Asesmen, Airlangga: Tidak Ada Provinsi Level 4 di Luar Jawa-Bali

- Selasa, 14 September 2021 | 08:00 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto dokumentasi  Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto dokumentasi Kemenko Perekonomian

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah akan tetap melakukan asesmen atau evaluasi setiap minggu, meskipun periode Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali diberlakukan selama dua pekan.

Soal pemberlakukan asesmen ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin 13 September 2021 malam, secara virtual

“Evaluasi PPKM di Luar Jawa-Bali ini diberlakukan masih dalam dua pekan, artinya PPKM luar Jawa-Bali adalah perpanjangannya tanggal 7 sampai 20 September 2021,” ujarnya.

Dari asesmen per tanggal 11 September, di tingkat provinsi terjadi penurunan jumlah daerah yang berada di Level 4, dari dua provinsi menjadi tidak ada.

Baca Juga: Perdayai 10 Janda Kota Semarang Luar Dalam, Don Juan Asal Garut Ini Harus Masuk Bui

Lalu, untuk daerah Level 3 turun dari sebelumnya 22 provinsi menjadi 16 provinsi dan Level 2 meningkat dari 3 provinsi menjadi 11 provinsi.

Airlangga menuturkan, dari 23 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 4 saat ini, sebanyak 17 daerah telah mengalami perbaikan atau penurunan tingkat asesmen.

Kemudian, 16 daerah turun ke Level 3 dan satu daerah turun ke Level 2.

“Enam kabupaten/kota lainnya tetap di Level 4, yaitu Banda Aceh, Bangka, Medan, Kotabaru, Palangka Raya, dan Palu. Walaupun beberapa indikator terkait dengan kasus konfirmasi, kesembuhan, tingkat kematian, maupun bed occupancy rate-nya sudah lebih baik, namun tetap kita kenakan di Level 4,” terangnya.

Baca Juga: Revitalisasi dengan Pendekatan Kreatif, Sukseskan Desa Masa Depan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X