Peningkatan Peran Puskesmas Penting Kendalikan Covid-19

- Senin, 13 September 2021 | 18:01 WIB
 CEK DATA: Petugas Puskesmas Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang mengecek data kependudukan atlet PJP yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 di puskesmas tersebut, Kamis (1/7) siang. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
CEK DATA: Petugas Puskesmas Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang mengecek data kependudukan atlet PJP yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 di puskesmas tersebut, Kamis (1/7) siang. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Peningkatan peran fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti klinik kesehatan dan Puskesmas harus segera diwujudkan untuk mempersiapkan masyarakat menjalani keseharian pascapandemi Covid-19.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan ketika indikator penyebaran Covid-19 memperlihatkan kecenderungan terus membaik, upaya pencegahan penularan pun harus ditingkatkan untuk menjaga konsistensi penurunan jumlah kasus positif Covid-19.

"Ketika faktor pengendalian harus dikedepankan dalam menjalani kehidupan pascapandemi, saya kira peran para petugas kesehatan di fasilitas kesehatan yang dekat dengan masyarakat seperti Puskesmas dan klinik-klinik kesehatan sangat penting," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 September 2021.

Baca Juga: SMAN 13 Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Hingga Dua Pekan ke Depan

Untuk mewujudkan hal itu, jelas Lestari dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan yang berpengalaman dan memiliki kemampuan yang memadai untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap upaya-upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan virus corona.

Selain itu, tambah Lestari, para pemangku kepentingan di daerah juga bisa mengedukasi kelompok masyarakat untuk mengambil peran sebagai kader-kader penyuluh kesehatan, untuk mempersiapkan masyarakat menjalani keseharian dengan disiplin protokol kesehatan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap, sejumlah upaya strategis dalam mempersiapkan masyarakat menjalani norma baru dalam keseharian pascapandemi harus dipersiapkan dengan baik, agar kondisi sebaran Covid-19 yang terkendali bisa terus terjaga.

 

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X