Percepatan Vaksinasi Lansia, Wamenkes Minta Daerah Lakukan Terobosan

- Senin, 13 September 2021 | 07:30 WIB
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Daerah diminta pemerintah untuk melakukan terobosan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi bagi masyarakat rentan, khususnya kelompok lanjut usia (lansia).

Hal itu sebagai upaya intensif pemerintah dalam program vaksinasi nasional dengan target 208 juta penduduk untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Upaya peningkatan vaksinasi diungkapkan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-56 dan 57.

“Kami juga mengimbau pemerintah daerah untuk mencari terobosan-terobosan baru agar mendorong percepatan vaksinasi bagi kelompok masyarakat usia lanjut dan masyarakat dengan penyakit penyerta atau masyarakat rentan,” ujar Dante.

Baca Juga: Sentra Vaksinasi Undip Resmi Ditutup, Sudah Capai Target Akseptor

Wamenkes mengungkapkan, jumlah penduduk lansia yang sudah divaksinasi masih jauh tertinggal dari kelompok masyarakat lain.

Dante juga meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar siapapun tidak tertinggal dalam program vaksinasi nasional. Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan meskipun jumlah kasus aktif dan angka kematian akibat Covid-19 menurun.

“Jangan sampai lonjakan kasus kembali terjadi. Negara-negara tetangga kita seperti Malaysia dan India bahkan Singapura saat ini kembali mengalami lonjakan kasus karena pelanggaran protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Bengawan Solo Tercemar, Aliran Air ke Pelanggan PDAM Cepu Masih Belum Normal

Wamenkes menyebut, kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang saat ini masih berlangsung, bertujuan agar Indonesia tidak kembali mengalami lonjakan kasus.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X