Rokok Elektronik Dilabeli SNI untuk Lindungi Konsumen, YLKI: Ini Sesat Pikir

- Jumat, 10 September 2021 | 15:35 WIB
Rokok Elektrik/Foto Istimewa
Rokok Elektrik/Foto Istimewa


JAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengeluarkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk tembakau yang dipanaskan (rokok elektronik vape)

Keputusan SNI ini dinilai tidak tepat, karena justru memicu masyarakat untuk menggunakan vape, mengingat produk yang bersertifikat SNI dikonotasikan aman.

Sejumlah lembaga pun menolak keras keputusan Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang mengeluarkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) bernomor 8946:2021 itu

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengatakan, rokok elektronik sama berbahayanya dengan rokok biasa.

Kandungan zat kimia karsinogenik di semua produk tembakau, meski dipanaskan tetap akan merusak paru-paru.

Baca Juga: Fakta Baru, Taruna PIP Dianiaya 5 Seniornya, Bukan Serempetan Motor

“Tidak ada yang namanya less harmful pada produk tembakau dalam bentuk apapun. Apalagi nikotinnya mendorong konsumsi terus menerus. Ditambah status ber-SNI yang tidak melibatkan pakar kesehatan, sama saja ingin masyarakat menambah beban penyakit," kata Agus dalam siaran pers seperti dikutip dari Katadata, Jumat 10 September 2021.

Dalam dokumen Direktorat Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal, BSN telah merumuskan SNI 8946:2021 Produk Tembakau yang Dipanaskan. Disebutkan alasan pertama SNI ini adalah untuk melindungi konsumen.

BSN diketahui tidak melibatkan Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang seharusnya dilibatkan dalam bentuk pengaturan apapun untuk produk yang harus diatur dan diawasi konsumsinya karena merusak kesehatan.

Baca Juga: Seorang Pria Terima 4 Dosis Vaksin, Dr Faheem Younus: Vaksinasi Berlebihan Mengkhawatirkan

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X