Ketersediaan Minim, Vaksinasi Harus Jadi Momentum Pemerintah Perbaiki Data Kependudukan

- Jumat, 10 September 2021 | 08:00 WIB
Warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga mengikuti vaksinasi tahap kedua. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga mengikuti vaksinasi tahap kedua. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah tengah gencar menggelar vaksinasi, di mana penerima berkembang dari masyarakat umum ke masyarakat adat dan kelompok rentan.

Namun menggelar vaksinasi bagi masyarakat yang berada di lokasi terpencil, minim akses informasi, atau menyandang disabilitas bukan hal mudah, karena Banyak tantangan ditemui di lapangan.

Hamid Abidin, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia mengungkapkan, tantangan vaksinasi terutama adalah minimnya ketersediaan data yang terbarui dan terverifikasi.

Program vaksinasi ini membuka mata kita mengenai betapa lemahnya ketersediaan data kependudukan kelompok disabilitas, masyarakat adat, warga di pedalaman, dan berbagai kelompok rentan lain.

Baca Juga: Jateng Digital Festival 2021: Pacu Digitalisasi Transaksi Pemda Serta Sektor Ekonomi dan Wisata

“Karena itu, kami menyerukan agar pemerintah menggunakan program vaksinasi Covid-19 sebagai momentum untuk secara serius membenahi data kependudukan,” kata Hamid Abidin.

Dalam diskusi Philanthropy Learning Forum: “Tantangan Akselerasi Vaksinasi Kelompok Rentan” belum lama ini, Hamid mengemukakan kesulitan mendapatkan data saat menggelar vaksinasi bagi masyarakat adat dan kelompok rentan.

Untuk masyarakat adat, saat ini belum ada data resmi yang menyebut berapa jumlah mereka.

Saat ini, belum ada terminologi yang disepakati bersama siapa yang disebut masyarakat adat. Aturan tentang masyarakat adat, hingga kini masih dalam bentuk rancangan undang-undang.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X