Presiden Minta Jajaran Waspadai Varian Mu, Menhub Siapkan Langkah-langkah Pencegahan

- Kamis, 9 September 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi Covid-19./Pixabay/Tumisu
Ilustrasi Covid-19./Pixabay/Tumisu

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya waspada terhadap varian Mu atau B.1.621 sebagai bentuk antisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam arahannya pada Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin 6 September 2021.

Menindaklanjuti arahan Presiden tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa pihaknya segera menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah varian Mu masuk ke Indonesia.

Menhub telah meminta jajarannya untuk melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Baca Juga: Bersedekah Bisa Dilakukan dengan Cara Kreatif, Ini Contohnya

Yakni Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

“Sesuai arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya,” ujar Menhub, Selasa, 7 September 2021.

Menhub mengatakan, untuk mencegah masuknya varian baru tersebut, salah satunya perlu dilakukan pengendalian transportasi di simpul-simpul transportasi yang melayani rute-rute internasional, yakni di bandara internasional maupun pelabuhan internasional.

“Kami segera menggelar pertemuan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti dengan Kemlu, KKP, Satgas Penanganan Covid-19, dan Ditjen Imigrasi, untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19,” ujar Budi.

Baca Juga: Integrator Utama, Cakupan Penggunaan PeduliLindungi ke Luar Jawa-Bali Diperluas

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X