Pemerintah Daerah Ujung Tombak Stabilitas Negara

- Rabu, 16 Oktober 2019 | 10:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah daerah dinilai sebagai ujung tombak terciptanya stabilitas negara. Untuk itu, diperlukan sistem pemerintahan yang benar-benar berpihak kepada rakyat, bukan untuk meladeni kepentingannya sendiri.

Hal itu diungkapkan oleh Komandan Komando Strategi Nasional (Kostranas) Partai NasDem, Syahrul Yasin Limpo, saat Dialog Selasa dengan tema Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Stabilitas Wilayah, di Kantor DPP Partai NasDem, Selasa (15/10).

Dialog Selasa merupakan rangkaian Kongres II Partai NasDem, yang akan digelar pada tanggal 8-11 November 2019, di Jakarta. "Terkait peran pemerintah daerah, implementasi otonomi daerah itu sebenarnya jika terurai dengan baik, maka semua bisa berjalan," ungkap Syahrul.

Dikatakan, pemerintahan, mulai dari pemerintaha desa hingga pemerintah pusat harus benar-benar terkoneksi. Sehingga, semua kebijakan yang menyangkut kerakyatan bisa berjalan secara beriringan. "Misalnya perangkat desa benar-benar melakukan tugasnya, maka desa akan aman. Kalau desa aman, kecamatan akan baik. Kemudian kecamatan baik, kabupaten juga baik, dan begitu juga provinsi, dan akhirnya bisa menjadi negara yang luar biasa," katanya.

Oleh karenanya, untuk mewujudkan itu semua diperlukan pola komunikasi yang baik antar kepala daerah. Disamping itu, kepala daerah memiliki tanggungjawab seutuhkan atas terciptanya stabilitas di masing-masing wilayah. "Oleh karena itu Presiden Jokowi tidak sendiri, di provinsi ada gubernur, kabupaten/kota ada bupati dan wali kota yang juga memiliki tanggungjawab seutuhnya," ungkap mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Ditegaskan, pemerintah yang baik adalah pemerintah yang mampu menghadirkan perlindungan dan rahmat bagi rakyatnya. "Perlu negara yang hadir bagi rakyatnya, bukan yang hadir untuk meladeni dirinya sendiri. Kalau pemerintah tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan rakyat, itu disebut gagal," tandas Syahrul.

 

Editor: Andika

Tags

Terkini

X