Euforia Penurunan Kasus Covid-19 Harus Diredam Lewat Edukasi dan Penegakan Aturan

- Selasa, 7 September 2021 | 15:14 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Penurunan kasus aktif Covid-19 dan pelonggaran kebijakan dikhawatirkan membuat masyarakat euforia sehingga perlu edukasi yang masif dan konsisten dalam penegakan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berlaku.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan bermunculannya sejumlah pelanggaran terhadap aturan yang diberlakukan dalam pengendalian Covid-19 merupakan pertanda belum terbentuknya pemahaman yang utuh dari masyarakat, terkait tata cara berkegiatan dalam keseharian di masa pandemi ini.

"Saat terjadi pelonggaran kebijakan mulai banyak terjadi pengabaian aturan PPKM yang berlaku. Kondisi ini rawan memicu peningkatan penyebaran virus corona di masyarakat," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 September 2021.'

Baca Juga: Aturan Anyar Penerima BOS Kebiri Sekolah Kecil, Anggota DPRD Jateng Minta Revisi Mendikbud

Berbagai aturan yang diberlakukan dalam kebijakan PPKM berlevel di berbagai daerah itu, jelasnya, dalam rangka mencegah masyarakat terpapar virus corona.

Konsekuensi dari kebijakan tersebut adalah, jelas Lestari tidak bisa sepenuhnya kembali berkegiatan seperti sebelum pandemi Covid-19 ada di tengah-tengah kehidupan kita.

Sehingga, diperlukan pemberlakuan norma baru di tengah masyarakat dalam melakukan kegiatan keseharian, untuk memutus rantai penyebaran virus corona di tanah air.

Bentuk-bentuk norma baru itu antara lain, mulai dibangun lewat pengaturan cara berkumpul dari pembatasan jumlah orang yang berkumpul, waktu berkumpul hingga persyaratan wajib memakai masker dan sudah divaksin Covid-19.

Baca Juga: Penyanyi dan Presenter Berpacu dalam Melodi, Koes Hendratmo Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X