Realisasi Penyaluran BSU Capai 3,25 Juta Pekerja, Sebagian Besar Belum Terima

- Selasa, 7 September 2021 | 10:12 WIB
Menaker Ida Fauziyah saat memberikan BSU pada pekerja. (suaramerdeka.com / dok)
Menaker Ida Fauziyah saat memberikan BSU pada pekerja. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Realisasi sementara penyaluran program bantuan subsidi gaji/upah (BSU) 2021 telah mencapai 3.251.563 orang pekerja/buruh.

Jumlah penyaluran BSU itu merupakan 37,4 persen dari total target penerima BSU sebanyak 8,7 juta orang.

Penyaluran BSU 2021 sendiri hingga saat ini sudah melewati tahap ketiga.

Jika dirinci, BSU tahap I telah tersalurkan kepada 947.436 penerima, tahap II tersalurkan kepada 1.145.598 penerima, dan tahap III tersalurkan kepada 1.158.529 penerima.

Baca Juga: Tarif PPh bagi Investor Domestik Resmi Diturunkan Pemerintah, dari 15 Persen Jadi 10 Persen

Penyaluran BSU 2021 Tahap I dan tahap II ditransfer langsung kepada pekerja/buruh penerima BSU yang memang telah memiliki rekening eksisting di salah satu Bank Himbara (Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI atau Bank BTN).

Untuk penyaluran Tahap III dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif (Burekol) bagi para pekerja/buruh penerima BSU yang belum memiliki rekening di salah satu Bank Himbara.

“Alhamdulillah, penyaluran BSU di tahap ketiga melalui skema burekol sudah berjalan. Kemarin di Semarang, saya sempat meninjau pelaksanaan burekol ini di mana pihak bank Himbara jemput bola ke perusahaan-perusahaan yang memang pekerja/buruh penerima BSU nya belum memiliki rekening Bank Himbara."

"Upaya ini dilakukan dalam rangka menjaga protokol kesehatan, agar tidak terjadi kerumunan, dan mempermudah proses aktivtasi rekening burekol," kata Menaker Ida Fauziyah, di Jakarta, Selasa (7/9).

Baca Juga: Indonesia Sudah Lewati Masa Puncak Covid-19, Wamenkes: Ini Saatnya Kita Lakukan Penguatan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X