Libur Peringatan Maulid Nabi, Kasus Covid-19 Berpotensi Naik, Wamenkes Ingatkan Taat Prokes

- Senin, 6 September 2021 | 20:37 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Dok. Kemenkes RI)
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Dok. Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perayaan Maulid Nabi pada Oktober tahun ini harus diwaspadai dengan munculnya potensi kenaikan kasus Covid-19. Apa lagi, berdasarkan catatan WHO, varian mu sudah terdeteksi di 39 negara.

"Yang harus hati-hati yakni peningkatan kasus akibat aktivitas yang meningkat. Ini mungkin terjadi menghadapi libur peringatan Maulid Nabi," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono dalam konferensi pers virtual, Senin 6 September 2021, seperti dilansir dari Kata Data.

Kemenkes mencatat terjadi lonjakan kasus positif virus corona pada Maulid Nabi tahun lalu. Dante meminta masyarakat tetap taat prokes meski penambahan kasus harian Covid-19 mulai menurun.

Baca Juga: Soal Pelanggaran HAM Berat Kasus Munir, Komnas HAM: Kami Belum Satu Suara

Selain itu, beberapa negara mengalami lonjakan kasus positif virus corona meski persentase vaksinasi Covid-19 di Amerika Serikat (AS) mencapai 52%, sementara Inggris dan Israel 63%.

Meski begitu, penularan virus corona di ketiga negara itu meningkat. "Protokol kesehatan diabaikan karena merasa sudah vaksinasi. Jadi vaksinasi bukan satu-satunya game changer," ujar dia.

Antisipasi yang dilakuka pemerintah untuk mengatasi lonjakan kasus, dengan mengandalkan teknologi selama penerapan PPKM level 1 – 4. Selain itu, mendorong tes epidemiologi, peningkatan identifikasi kontak erat, dan mempercepat vaksinasi Covid-19.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X