Kemdikbud Targetkan 1.800 Sekolah Terima Bantuan Sarana Pembelajaran TIK

- Kamis, 3 Oktober 2019 | 10:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pada tahun 2019, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menargetkan 1.800 sekolah yang menerima bantuan sarana pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Program ini akan kita tingkatkan dari tahun ke tahun. Tahun ini, kita dapat tambahan 1.300. Tahun lalu 500. Jadi total ada 1.800 sekolah yang akan dapat bantuan. Masih ada 13.000yang belum dapat. Semoga lima tahun ke depan bisa kita penuhi melalui program-program yang lain," ujar Kepala Pustekkom Kemdikbud, Gogot Suharwoto di Jakarta.

Program ini merupakan langkah Kemdikbud melalui Pustekkom untuk memberikan bantuan sarana pembelajaran berbasis TIK dan melatih guru di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dalam hal meningkatkan kompetensi TIK. "Program layanan pembelajaran di daerah 3T merupakan wujud implementasi program penguatan layanan TIK bidang pendidikan dengan pendekatan kawasan, yaitu kawasan tertinggal, terpencil dan terdepan," tuturnya.

Sebagian sekolah penerima bantuan TIK,  Gogot mengatakan sebelumnya telah menerima bantuan akses internet melalui Universal Service Obligation kerja sama dengan Bakti Kemkominfo. "Semua daerah 3T dapat, kecuali DKI Jakarta dan Yogyakarta. Kami masih menunggu terkait tambahan akses internet dari Bakti yang sudah kirimkan dari Menkominfo, supaya kami bisa menambah sasaran penerima sasaran, baik bantuan akses internet maupun pelatihan pemanfaatan rumah belajar," imbuhnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X