Demo Depan Gedung DPRD, Aparat Bentrok dengan Mahasiswa

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 09:16 WIB
Pengunjuk rasa melompati pagar Gedung Sate menghindari sengatan gas air mata dalam demo di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (30/9). (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Pengunjuk rasa melompati pagar Gedung Sate menghindari sengatan gas air mata dalam demo di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (30/9). (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Unjuk rasa mahasiswa dan pelajar abu-abu di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Bandung berakhir ricuh pada Senin (30/9) sore. Selama sekitar dua jam lebih, mahasiswa terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian.

Situasi itu pecah setelah massa terus merangsek ke dalam gedung dewan. Sebelumnya, mahasiswa yang berdatangan sejak pukul 14.00 melempari petugas, termasuk dengan flare. Tak mau ambil resiko atas kondisi tersebut, petugas kemudian mengeluarkan gas air mata sekitar Pukul 17.00.

Kontan saja, massa langsung berhamburan dan lari tunggang langgang menghindar termasuk melompati pagar Gedung Sate. Meski demikian, itu hanya berlangsung sesaat karena massa kemudian kembali berkumpul sambil melakukan perlawanan dengan melakukan lemparan.

Massa mengepung gedung dewan dari tiga penjuru. Mereka datang dari arah Jalan Diponegoro arah barat dan Diponegoro arah timur serta Jalan Cilamaya. Petugas pun langsung menggelar barikade untuk memukul mundur dari ketiga arah tersebut.

Petugas berkali-kali menembakan gas air mata termasuk ke kerumunan massa yang tercecer di Lapangan Gasibu. Sebelum menebar gas air mata, melalui pengeras suara, petugas meminta mahasiswa untuk segera membubarkan diri.

Sekitar pukul 19.55, suasana relatif terkendali. Mereka berhasil memukul mundur mahasiswa dan pelajar yang masih berusaha melakukan perlawanan setelah dibubarkan di kesempatan pertama. Tak lama setelah situasi bisa dikendalikan, petugas mengamankan puluhan pengunjuk rasa. Situasi lalu lintas sekitar kantor pusat pemerintahan Provinsi Jabar itu pun lancar kembali.

Kurang sepekan sebelumnya, mahasiswa juga terlibat dua kali bentrokan dengan aparat di tempat yang sama. Mereka yang mengusung penolakan atas RUU bermasalah terpaksa dibubarkan karena berupaya pula menjebol gedung dewan.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X