Permudah Pelacakan Covid-19, Kemenhub Akan Terapkan Aplikasi PeduliLindungi di 30 Terminal Bus

- Senin, 6 September 2021 | 09:12 WIB
Warga mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dalam kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Terminal Tipe A Bulupitu Purwokerto. (suaramerdeka.com / Budi Setyawan)
Warga mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dalam kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Terminal Tipe A Bulupitu Purwokerto. (suaramerdeka.com / Budi Setyawan)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Guna memudahkan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di 30 terminal bus di Indonesia.

''Dalam waktu dekat kami akan berlakukan di 30 terminal untuk mulai menggunakan aplikasi PeduliLindungi,'' kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi di sela-sela kegiatan vaksinasi di Terminal Tipe A Bulupitu Purwokerto, Sabtu (4/9).

Dengan diterapkannya penggunaan aplikasi PeduliLindungi, lanjut dia, nanti masyarakat yang akan bepergian lewat terminal bus, terlebih dulu harus memakai QR Code.

''Setelah persyaratannya terpenuhi, mereka (calon penumpang bus) baru boleh melakukan perjalanan,'' terangnya.

Baca Juga: Ombudsman Apresiasi Program Electrifying Marine PLN, Diharap Dukung Sektor Kelautan

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga terus mendorong para awak angkutan penumpang agar mendapatkan vaksinasi Covid-19.

''Harapan kami para pelaku mitra transportasi Kemenhub supaya divaksin terlebih dulu, karena mereka sangat dekat dengan masyarakat. Dari aspek pelayanan, mereka menjadi ujung tombak,'' ujarnya.

Sementara untuk mempercepat pencapaian herd imunity terhadap Covid-19, Kemenhub menggelar kegiatan vaksinasi yang diperuntukkan bagi awak angkutan penumpang dan masyarakat umum.

Dalam kegiatan ini, Kabupaten Banyumas mendapatkan kuota vaksin 3.000 dosis.

Baca Juga: RUU PDP Mendesak Disahkan, Pengawas Data Pribadi Harus Independen

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X