Terapi Anak Retardasi Mental di Lombok Barat Berlangsung Optimal

- Minggu, 5 September 2021 | 23:31 WIB
R anak yang didiagnosa masuk dalam kategori Moderate Mental Retardation (Keterbelakangan Mental tingkat sedang)  (kemensos/dok)
R anak yang didiagnosa masuk dalam kategori Moderate Mental Retardation (Keterbelakangan Mental tingkat sedang) (kemensos/dok)

LOMBOK, suaramerdeka.com - Kementerian Sosial melalui Balai "Paramita" di Mataram memberikan layanan rehabilitasi sosial bagi Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus berinisial R.

Yang didiagnosa masuk dalam kategori Moderate Mental Retardation (Keterbelakangan Mental tingkat sedang) dan selama ini tidak diberikan berinteraksi dengan lingkungan luar rumahnya.

R merupakan seorang anak perempuan berusia 8 tahun yang mendapatkan Layanan ATENSI residensial. Ketika dirujuk ke balai pada bulan Juni 2021.

Baca Juga: Semangatku Keringatku Darahku, Karate Jawa Tengah Menuju Puncak PON XX 2021

Kondisi R cukup memprihatinkan dimana anak cenderung menghindar dan menolak untuk didekati oleh orang yang baru ditemui serta tidak dapat berkomunikasi.

Hal ini disebabkan kemampuan intelektual (IQ) R yang termasuk dalam kategori Moderate Mental Retardation. R juga kurang mendapatkan stimulus karena selalu dikurung di dalam rumah dan tidak diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Tim rehabilitasi sosial yang terdiri dari Pekerja Sosial, Psikolog, Perawat dan pengasuh fokus berusaha meningkatkan kemandirian R yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, motorik kasar dan motorik mulut;

Meningkatkan activity daily skill (toilet training, makan/minum, berpakaian, mandi, sikat gigi); meningkatkan kemampuan interaksi sosial, respon sosial, dan kemampuan beradaptasi di lingkungan sosial; serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Intervensi yang diberikan kepada R menggunakan Behavior Modification Therapy dengan memadukan berbagai teknik diantaranya reinforcement, extinction, shaping dan chaining. 

Dengan tetap diberikan stimulus melalui Behavior Modification Therapy secara konsisten maka hal ini akan menjadi dampak yang positif terhadap perubahan diri R dan meningkatkan kemandirian R.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X