Temukan Permasalahan Geografis, Mensos Siapkan Solusi Penyaluran Bansos di Provinsi Riau

- Minggu, 5 September 2021 | 22:29 WIB
Rekonsiliasi Penyaluran Bantuan Sosial di Provinsi Riau bersama Anggota Komisi VIII DPR RI. (kemensos/dok)
Rekonsiliasi Penyaluran Bantuan Sosial di Provinsi Riau bersama Anggota Komisi VIII DPR RI. (kemensos/dok)

PEKANBARU, suaramerdeka.com - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menemukan permasalahan geografis menjadi kendala penyaluran bantuan sosial bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Provinsi Riau.

Permasalahan tersebut ia dapatkan saat memimpin kegiatan Rekonsiliasi Penyaluran Bantuan Sosial di Provinsi Riau bersama Anggota Komisi VIII DPR RI.

"Jadi itulah (permasalahan geografis) yang harus kami dengar untuk kami lakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya supaya masyarakat bisa mendapatkan haknya tanpa harus memberatkan mereka," kata Menteri Sosial (31/08).

Baca Juga: Terekam Video; Diduga Aniaya Santri, Pengurus Ponpes di Jogoloyo Diamankan Polisi

Menteri sosial melihat bahwa permasalahan geografis membuat akses keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi sulit untuk bisa melakukan pengambilan bantuan dan mendapatkan haknya.

“Maksud saya kalau seperti kasihan, kalau dia harus ke e-Warong, kayaknya bukan malas, kalau dia harus mengeluarkan ongkos besar, duit (ongkos) nya 200 ribu, belanjanya 200 ribu, ya buat apa? Mending diam di rumah,” ujar Menteri Sosial.

Melihat adanya permasalahan tersebut, Menteri Sosial menyampaikan rencananya untuk menandatangani aturan bagi daerah-daerah yang memiliki akses geografis sulit agar KPM di lokasi tersebut bisa menerima bantuan secara tunai atau cash.

“Nanti aku yang tanda tangan untuk daerah-daerah (sulit) itu, bisa diterima cash, ya kan kasian pak, ini ngambil 200 ribu, kalau langsung ambil 3 bulan 600 ribu, taruhannya nyawa pak, ya kan ga masuk akal pak, ongkosnya 500 ribu, ya untuk apa? Makanya mungkin salah satu serapan rendah itu karena transaksinya sulit,” jelas Menteri Sosial.

Baca Juga: MPL ID Season 8, Alter Ego Belum Tergoyahkan

Selain itu, Menteri Sosial juga melihat permasalahan belum tersalurnya bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Provinsi Riau dikarenakan adanya kartu keluarga sejahtera (KKS) yang belum terdistribusi ke KPM dan kartu yang terblokir.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: Kemensos

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X