Polda Metro Jaya Tangkap Pemalsu dan Penjual Sertifikat Vaksin, Menkes Minta Pelaku Dihukum Berat

- Minggu, 5 September 2021 | 11:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Setkab
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Setkab

JAKARTA, suaramerdeka.com - Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan menangkap terduga pelaku pemalsu dan penjual sertifikat vaksin Covid-19.

Penjual vaksin ilegal memanfaatkan wewenang oknum staf pemerintah daerah untuk mendaftarkan peserta vaksinasi secara illegal di aplikasi Pedulilindungi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan terima kasih atas upaya Polda Metro Jaya mengakap pelaku pemalsu dan penjual sertifikat vaksin.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di Polda Metro Jaya yang telah dapat menangkap para pelaku. Harapan saya semoga pelaku dapat dihukum seberat-beratnya,” ucap Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam Keterangan Pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 3 September 2021.

Baca Juga: Ditemukan Wajan Raksasa, Warga Memanfaatkan untuk Berfoto

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengungkapkan bahwa Polda Metro Jaya menangkap pegawai Kelurahan Kapuk Muara, Jakarta Utara, berinisial HH (30) dan rekannya, FH (23), karena memalsukan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Sertifikat yang dijual kepada masyarakat secara online tanpa mengikuti vaksinasi Covid-19 itu dapat tercatat dalam aplikasi PeduliLindungi.

Menurut kepolisian, pelaku atas inisial FH pemilik akun Facebook dengan nama Tri Putra Heru memposting kartu vaksin dengan kata-kata/kalimat Rekber agit only Sistem cek web -> cair pada grup Facebook dengan nama “OFFICIAL SIXTEEN MARKET INDONESIA”.

Dan setelah dilakukan komunikasi terhadap akun Facebook tersebut, diketahui bahwa akun Facebook tersebut menjual Sertifikat Vaksin tanpa harus melakukan vaksin dan bisa langsung terkoneksi pada aplikasi PEDULI LINDUNGI dengan harga Rp. 370.000.

Baca Juga: Moderna untuk Warga Jogja Tunggu Vaksinasi Nakes Rampung

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: kemenkes

Tags

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X