Atensi Kemensos Beri Bantuan Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19

- Jumat, 3 September 2021 | 18:50 WIB
Mensos Beri Dukungan kepada Anak yang menjadi Yatim, Piatu dan Yatim Piatu Terdampak Covid-19. (kemensos/dok)
Mensos Beri Dukungan kepada Anak yang menjadi Yatim, Piatu dan Yatim Piatu Terdampak Covid-19. (kemensos/dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kementerian Sosial terus memastikan hak anak yang menjadi yatim, piatu dan yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat Covid-19 melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Kementerian Sosial telah memberikan dukungan ATENSI kepada Anak-anak ini di beberapa daerah.

Hilangnya pengasuhan utama kepada anak dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak, diantaranya tidak terpenuhinya kebutuhan dasar, tidak adanya pengasuhan dalam keseharian anak.

Masalah psikososial anak dengan keluarga baru, terabaikan hak-hak anak terkait identitas, terabaikan pendidikan anak, terabaikan kesehatan anak, rentan mengalami kekerasan dan penelantaran serta anak rentan dikirim ke lembaga-lembaga pengasuhan.

Baca Juga: Diajak Ngobrol depan Sekolah, Anisa Tak Menyangka Dihadiahi Sepeda Baru oleh Ganjar

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan bahwa dukungan bagi anak yatim, piatu dan yatim piatu ini akan disalurkan melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak.

Program ini guna mendukung kehidupan anak dan mengurangi beban keluarga dalam mengasuh anak yatim, piatu dan yatim piatu.

Program ATENSI Anak ini mencakup dukungan pemenuhan hak hidup layak, layanan perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi sosial psikologis, pelatihan vokasional dan kewirausahaan, bantuan sosial/asistensi sosial dan dukungan aksesibilitas. 

Wahyudin, Anak berusia 15 tahun yang duduk di kelas 1 SMK menjadi salah satu penerima manfaat Kementerian Sosial pada program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Ia mendapat tabungan senilai Rp.200 ribu yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti sembako dan nutrisi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: Kemensos

Tags

Terkini

Tiga Rapat Ini Jadi Penentu Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Baznas Jateng Bantu Alat Dakwah Virtual

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:56 WIB

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB
X