Booster Vaksin Covid-19 Belum Perlu bagi Masyarakat Umum, Ini yang Perlu Diperhatikan

- Jumat, 3 September 2021 | 16:10 WIB
vaksin covid-19. (foto: depok.pikiran-rakyat.com)
vaksin covid-19. (foto: depok.pikiran-rakyat.com)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pada kondisi saat ini, Indonesia belum perlu memberikan vaksin booster bagi masyarakat umum.

Namun, vaksin dosis ketiga bisa diberikan secara terbatas kepada tenaga kesehatan (nakes).

Pakar virologi FKKMK UGM, dr Mohamad Saifudin Hakim MSc PhD menegaskan hal itu menanggapi perlu atau tidak vaksin booster bagi masyarakat.

Menurutnya belum ada urgensi untuk pemberian vaksin dosis ketiga.

''Berbeda dengan nakes yang memang perlu vaksin booster karena dari sisi jumlah sedikit dan mereka adalah pejuang yang berada di garda depan penanganan Covid-19 sehingga berisiko besar terpapar,'' tandasnya.

Ia menilai yang terpenting saat ini justru meningkatkan angka cakupan vaksinasi nasional. Pasalnya, hingga kini masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.

Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin hingga dosis kedua masih sedikit, sekitar 18 persen. Pemerintah sebaiknya mengejar cakupan vaksin terutama kelompok lansia yang berisiko tinggi.

Pertimbangkan Kembali

Selain itu, pemberian vaksin booster juga belum masuk dalam rekomendasi WHO. Bahkan belum lama ini, WHO meminta agar negara-negara mempertimbangkan kembali urgensi pemberian vaksin booster Covid-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X