Buku Panduan Pengawasan Ketenagakerjaan Masa Pandemi Diluncurkan, ILO Mendukung

- Kamis, 2 September 2021 | 14:07 WIB

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Ketenagakerjaan bersama ILO (International Lebour Organization)  meluncurkan Buku Panduan Pengawasan Ketenagakerjaan di Masa Pandemi.

Peluncuran diselenggarakan secara virtual, di Jakarta, Kamis, 2 September 2021.

Buku panduan tersebut ditujukan untuk pengawas ketenagakerjaan mengenai tata cara pengawasan di masa pandemi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan.

Baca Juga: Kerugian Negara dalam Perkara Dugaan Korupsi Pencairan Kredit BPR BKK Kebumen 2011 Jadi Tanggung Jawab Direksi

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang, menilai kehadiran buku panduan tersebut penting untuk para pengawas dalam menjawab berbagai tantangan ketenagakerjaan di masa pandemi.

Sehingga pelaksanaan fungsi pengawasan ketenagakerjaan tetap berjalan dengan baik.

"Masa pandemi tidak menjadikan pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan terhenti. Namun, untuk menjawab tantangan sektor ketenagakerjaan diperlukan inovasi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana serta teknologi yang ada untuk menjamin pelaksanaan fungsi pengawasan ketenagakerjaan tetap berjalan," ucap Haiyani.

Baca Juga: Celah Data di VPNMentor Telah Diatasi BSSN: dengan Verifikasi

Ia berharap diterbitkannya buku ini dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas mekanisme pengawasan ketenagakerjaan yang berintegritas dan kredibel dalam rangka mewujudkan salah satu dari sembilan lompatan besar Kemenaker, yakni melalui Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X