Perlindungan Data Pribadi Warga Harus Dapat Perhatian Khusus, Puan: Pengelolaan TIdak Boleh Main-main

- Kamis, 2 September 2021 | 08:36 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (suaramerdeka.com/dok)
Ketua DPR RI Puan Maharani (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah diminta untuk melindungi data-data pribadi warga dan harus mendapat perhatian khusus, apalagi program-program penanganan Pandemi Covid-19 banyak terintegrasi secara digital.

“Pengelolaan data-data milik rakyat tidak boleh main-main. Perlindungan data-data pribadi warga harus dilakukan secara optimal agar tidak terjadi kebocoran,” kata Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani, dalam keterangan pers, Rabu (1/9/2021).

Terkait dengan hal itu, perlu ada upaya pencegahan kebocoran data masyarakat yang mendesak dilakukan pemerintah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan kementerian/lembaga terkait untuk memberikan tambahan keamanan menyangkut perlindungan data warga, termasuk mengenai aplikasi eHAC dan PeduliLindungi.

Baca Juga: Desa Ledok Sambong Deklarasikan Diri Anti Politik Uang

“Kemajuan teknologi menjadi tantangan untuk kita semua, karena memang ada potensi kejahatan yang akan merugikan rakyat. Peran pemerintah sebagai pemangku kebijakan diharapkan untuk melindungi masyarakat,” kata Politisi PDP Perjuangan. .

Pemerintah diimbau tetap waspada, karena potensi kebocoran data tetap bisa terjadi lewat platform yang menjadi mitra pemerintah sebelumnya dalam pengoperasionalan aplikasi eHAC (electronic Health Alert Card)

eHAC merupakan kartu manual yang dikembangkan Kementerian Kesehatan secara digitalisasi yang digunakan warga untuk bepergian dengan transportasi umum, khususnya transportasi penerbangan.

Dalam aplikasi tersebut terdapat nama lengkap, tanggal lahir, foto, nomor KTP, paspor, hasil tes Covid-19, alamat, nomor telepon, nomor peserta rumah sakit, hingga pekerjaan pengguna.

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas APIP, Mendagri: Penguatan Jadi Penting dari Kualitas Personelnya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X