Tingkatkan Kapasitas APIP, Mendagri: Penguatan Jadi Penting dari Kualitas Personelnya

- Kamis, 2 September 2021 | 07:30 WIB
Mendagri Tito Karnavian menerbitkan 3 Intruksi Mendagri untuk PPKM lanjutan. (Humas Setkab)
Mendagri Tito Karnavian menerbitkan 3 Intruksi Mendagri untuk PPKM lanjutan. (Humas Setkab)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah daerah (pemda) diminta memperkuat pengawasan internal dengan meningkatkan kapasitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di daerah, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memberi arahan sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) dan Launching Pengelolaan Bersama Monitoring Centre for Prevention (MCP), secara virtual, Selasa (31/08/2021)

“Penguatan APIP ini menjadi penting dari kualitas personelnya, dengan melalui pelatihan-pelatihan teknis terus menerus,” ujar Mendagri, seperti dilansir dari laman Kemendagri.

Pengawasan tersebut, kata Mendagri, penting untuk mengurangi moral hazard untuk memperbaiki kekurangan yang masih terjadi.

Baca Juga: Pemerintah Susun Strategi Jangka Panjang, Menkominfo: Adaptasi Hidup Bersama Covid-19 Harus Disiapkan

Mendagri menambakan, selain melalui pelatihan, upaya penguatan pengawasan internal juga dapat dilakukan dengan menunjuk orang yang profesional di bidangnya melalui pola rekrutmen dan memberikan pembinaan karier yang baik.

Ini akan memberikan kepastian dalam pembinaan karier di jajaran inspektorat daerah sehingga bisa menjadi lebih profesional.

Selain itu, pemda juga dapat mengalokasikan pembiayaan pengawasan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan jumlah yang memadai.

Tito menegaskan, hal ini merupakan diskresi dari masing-masing kepala daerah yang prinsipnya untuk memperkuat APIP.

Baca Juga: Pelaku Kuliner Salatiga Dilatih Inovasi dan Higienis Produk, Wali Kota: Ambil Hal Baik Tingkatkan Keunggulan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X