AHY: Saya Pernah Kalah dan Gagal

- Sabtu, 7 September 2019 | 16:15 WIB
foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi
foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Tokoh muda Agus Harimurti Yudhoyono tak menampik pernah gagal dan merasakan pahitnya sebuah kekalahan. Meski demikian, mantan pamen TNI AD yang terjun ke dunia politik itu menegaskan bahwa kondisi tersebut tak pernah disesalinya.

Hal itu dikatakan Agus Harimurti Yudhoyono saat membagi pengalamannya di hadapan mahasiswa baru Universitas Pasundan di Bandung, Sabtu (7/9). "Saya pernah kalah dan gagal, tapi orang hebat itu bukan dinilai dari seberapa suksesnya tapi seberapa cepat untuk bangkit dari kegagalannya," jelasnya.

Memang untuk bangkit kembali, katanya, bukan perkara mudah. Diperlukan sejumlah fondasi dasar. Di antaranya persoalan mentalitas yang mesti kuat, kemampuan adaptif, dan kecakapan dalam merespon perubahan. "Selain itu, kita harus berani meninggalkan zona nyaman, dan ini butuh keberanian," kata Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat itu.

Hanya saja dengan peta tantangan dan peluang yang dihadapi, terutama datangnya era digital, AHY menyebut situasi tersebut tak perlu terlalu dikhawatirkan. Pasalnya, kunci untuk menghadapinya sebenarnya relatif sudah dipahami. Tinggal persoalannya, komitmen dan konsistensi.

"Harus mempunyai kemampuan adaptif, ini merupakan sesuatu yang mutlak, dan jangan sampai tak memiliki semangat kompetitif dan responsif, plus kecakapan dalam kreativitas dan inovatif," jelas putra tertua pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan mendiang Ani Yudhoyono itu.

Terlebih bagi generasi milenial. Bagi AHY yang sempat kalah di Pilgub DKI Jakarta itu, mereka harus benar-benar memahami realitasnya, termasuk menyiapkan antisipasi dalam menghadapi tantangan yang semakin tidak mudah. Penggunaan teknologi pun, mengingat sekarang adalah eranya, diharapkan tak sebatas berfungsi tanpa memberikan nilai tambah bagi masyarakatnya.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X