Membanggakan, Tim Indonesia Raih Medali Olimpiade Kebumian Internasional di Russia

- Rabu, 1 September 2021 | 19:48 WIB
Earth Science Olympiad (IESO)
Earth Science Olympiad (IESO)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tim Indonesia meraih medali The 14th International Earth Science Olympiad (IESO) atau Olimpiade Kebumian Internasional tahun 2021.

Ajang yang berpusat di Tyumen, Siberia, Russia ini digelar secara daring, 25-30 Agustus 2021.

IESO adalah ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian yang meliputi pengetahuan mengenai geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi.

Baca Juga: Amandemen UUD 1945 Perlu Melibatkan Seluruh Elemen Bangsa

Kegiatan ini dipayungi oleh International Geoscience Education Organization (IGEO) yang merupakan suatu organisasi internasional dengan anggota para pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia baik untuk tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi.

Pada IESO 2021, Tim Kebumian Indonesia terdiri atas delapan siswa dari tujuh kota, tiga di antaranya adalah siswa madrasah.

Mereka adalah Andrereza Medya Endrikaputra (MAN Insan Cendekia Lampung Timur, Lampung), Hilman Agung Saputra (MAN 2 Kota Malang Jawa Timur).

Rani Saraswati (MAN 2 Kota Malang Jawa Timur), Eillen Theodora (SMAK Petra 2 Surabaya Jawa Timur), Sean Matthew (SMAK Petra 2 Surabaya), Tania Cresentia (SMA Kristen Immanuel Pontianak), Iqbal Rakha Perdana (SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo Jawa Tengah), dan Glady Sajidah Zahra (SMA Kesatuan Bangsa Bantul D.I Yogyakarta).

Baca Juga: Perluasan Layanan, PGN Subholding Gas Luncurkan WhatsAspp Bisnis 081511500645

Tim ini meraih dua medali perunggu (Good) di ajang IESO 2021. Satu medali pada kategori Penelitian Nasional dan satu lagi pada Kategori Individu.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X