Gangguan Telinga Diwaspadai

- Senin, 29 Juli 2019 | 11:24 WIB
Foto: suaramerdeka.com / Erry Budi Prasetyo
Foto: suaramerdeka.com / Erry Budi Prasetyo

SEMARANG, suaramerdeka.com - Segala persiapan sudah dilakukan tim penyelam Polda Jateng untuk turut serta memecahkan rekor selam dunia di Laut Megamas Manado, Sulawesi Utara, Kamis, 1 Agustus hingga Senin, 5 Agustus mendatang.

Hingga saat ini, belum ditemukan kendala apa pun terkait kesiapan baik dari segi peralatan selam, fisik, mental dan lainnya. Namun berbagai antisipasi sudah disiapkan terutama terkait kesehatan atau ketahanan tubuh saat melakukan penyelamatan pada kedalaman sembilan meter dengan durasi 12 menit tersebut.

”Biasanya untuk penyelam gangguan saat menyelam adalah gang- guan telinga. Saat berada di kedalaman berapa meter, mereka tidak biasa equalising,” ungkap dr Leni Evi Susanti, Biddokes Polda Jateng.

Baca juga: Penyelam Polda Jateng Ikut Pecahkan Rekor Dunia

Tak hanya itu, penyelam juga bisa mimisan. ”Nanti penanganan lebih ke telinga, hidung dan tenggorokan (THT),” ujarnya.

Leni juga mengungkapkan, penanganan akan lebih dilakukan terkait kewanitaan karena para penyelam dari Polda Jateng mayoritas Polwan. ”Mungkin ada hubungan khusus kewani- taan, bisa kontak ke kami untuk konsultasi lebih lanjut,” jelasnya.

Pihaknya juga menyiapkan obat-obatan untuk penanganan luka. ”Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polda Sulawesi Utara. Mereka sudah menyiapkan segala sesu- atu yang berhubungan dengan medis,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Biddokes Polda Sulawesi Utara terkait evakuasi bila terjadi hal yang tak diinginkan. ”Kami juga berkoordinasi lebih lanjut untuk kesehatan para penyelam dari Polda Jateng,” ungkapnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X