Antasari Azhar Dukung Ada Lembaga Pengawas KPK

- Jumat, 19 Juli 2019 | 08:12 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mendukung pembentukan badan atau lembaga yang memiliki kewenangan mengawasi KPK. Badan tersebut nantinya mengawasi kinerja dan memastikan KPK berjalan sesuai aturan. "Saya mendukung ada lembaga yang berwenang mengawasi KPK," kata Antasari dalam diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/7).

Menurutnya, lembaga pengawas nantinya juga mengevaluasi penanganan perkara. Misalnya, kasus yang mendeg atau jalan di tempat. Antasari yakin, keberadaan lembaga pengawas akan memudahkan kerja pimpinan KPK. “Nanti dewan pengawas, bisa bertanya kenapa kasus itu tidak diteruskan. Kenapa disebut kurang bukti, misalnya seperti itu” katanya.

Terkait seleksi calon pimpinan KPK mendatang, Antasari berpesan, agar pimpinan KPK tidak cengeng. Menurutnya, menjadi penegak hukum memiliki resiko yang tinggi.

Dia menyebut saat bertugas pimpinan KPK juga akan menerima cobaan dari berbagai pihak yang tidak senang dengan KPK. "Jika takut terkena ombak, jangan dirikan rumah di pinggir pantai. Jika takut ambil risiko, jangan jadi penegak hukum buka warung saja, cengeng juga enggak boleh," tegas Antasari.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X