Perajin Blangkon Diperkenalkan e-Market Place

Achmad Rifki
- Rabu, 10 Juli 2019 | 04:12 WIB
 Perajin blangkon mengikuti pelatihan induksi teknologi promosi pengelolaan pemesanan dan penjualan online, Selasa (9/7), di kampus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta.
 Perajin blangkon mengikuti pelatihan induksi teknologi promosi pengelolaan pemesanan dan penjualan online, Selasa (9/7), di kampus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta.

SOLO, suaramerdeka.com – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta membantu para perajin blangkon dalam pengembangan usaha dengan memanfaatkan teknologi sehingga produk inovatif dan kreatif serta dipasarkan melalui jaringan internet.

Salah satu kegiatan pelatihan Induksi Teknologi Promosi Pengelolaan Pemesanan dan Penjualan Online, Selasa (9/7), diberikan kepada 36 perajin anggota paguyuban Maju Utomo, salah satu paguyuban UKM pembuat blangkon di Kota Solo, di kawasan Petrojayan Kecamatan Serengan.

Paguyuban Maju Utomo menyambut baik upaya pendampingan tim dari Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta. "Salah satu kendala kami adalah dalam hal pemasaran, terutama secara online seperti yang dilakukan para pelaku UMKM lainnya belakangan ini," kata Hananta Karyana, ketua paguyuban Maju Utomo.

Tim PKM UDB memberi pendampingan dan sejumlah pelatihan  teknik pemasaran online menggunakan alat bantu e-Market Place, pemasaran terintegrasi dan multiperangkat (website, media sosial, dan smartphone).

Selain itu, perajin blagkon diperkenalkan sistem promosi dan pemasaran secara digital yang dapat memperluas wilayah pasar dan memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Program yang dibiayai Kemenristek Dikti untuk mendorong pelaku usaha membangun mitra promosi dan pemasaran secara online yang dapat memperluas wilayah pasar, selain itu mitra dapat mengelola pemesanan dan penjualan dengan baik.

Yang tidak kalah penting adalah peningkatan omzet mitra. "Setelah pengabdian ini selesai, mitra akan dijadikan UKM binaan," kata Eko.

Editor: Achmad Rifki

Terkini

X