Pemerintah Daerah Harus Dipacu Tingkatkan Mutu Pendidikan

- Rabu, 3 Juli 2019 | 11:40 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pakar pendidikan Fasli Jalal menekankan pemerintah daerah harus dipacu untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui porsi anggaran yang diperoleh tersebut. Pemerintah daerah juga menentukan sampainya kebijakan sistem zonasi ini kepada masyarakat.

“Yang menjadi masalah pada masa transisi seperti ini adalah fenomena anak menangis ingin masuk sekolah favorit, sementara orang tua juga tidak ada masalah dalam membayar biaya pendidikan lengkap dengan kendaraan antar jemput dan sopirnya,” jelas dia.

Fakta tersebut, lanjut Fasli, tidak dapat dipungkiri sebagai bentuk elitisme pendidikan. Ini yang dikatakan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi sebagai sistem pendidikan peninggalan kolonial.

“Saya mengapresiasi keberanian menteri, untuk mengatur zonasi yang akan mengatur sirkulasi guru. Dalam penerapannya nanti, mungkin juga perlu ditopang dengan diberikan insentif tambahan,” ungkapnya.

Tapi target terdekatnya, lanjut Fasli, upaya mensukseskan sistem zonasi dalam pro-kontra di masyarakat saat ini adalah perlunya sinergi diantara pengambil kebijakan yang terlibat. Terutama, Kemendagri harus all outmemberikan penekanan kepada Pemda dan DPRD untuk menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah-sekolah.

“Komunikasi yang intens dengan pihak-pihak terkait akan membantu menenangkan orang tua, bahwa sistem zonasi adalah upaya bersama untuk menaikkan mutu pendidikan,” pungkasnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X