Buka Suara soal Aliran Dana Rp 300 Triliun di Lingkungan Kemenkeu, Sri Mulyani: Kita Mau Bersihin

- Jumat, 10 Maret 2023 | 18:50 WIB
Sri Mulyani Buka Suara soal Aliran Dana 300 T di Kemenkeu (YouTube Sekretariat Presiden)
Sri Mulyani Buka Suara soal Aliran Dana 300 T di Kemenkeu (YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani buka suara soal aliran dana mencurigakan sebesar Rp 300 triliun di Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di bawah lingkungan Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa setiap tahun PPATK selalu mengirimkan informasi mengenai transaksi-transaksi tidak wajar yang ada di lingkungan Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani mengatakan, setidaknya ada 196 surat laporan dari PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) sejak tahun 2009 hingga 2022 dikirimkan ke Kementerian Keuangan, dan sebagainnya juga ditindak.

Baca Juga: Zainudin Amali Menjawab Terkait Isu Erick Thohir Tinggalkan PSSI dan Maju Pada Pilpres 2024

“Jadi setiap tahun PPATK itu mengirimkan informasi kepada kita mengenai transaksi yang disebut material,” kata Menteri Keuangan sebagaimana dikutip dari YouTube resmi Sekretariat Presiden.

“Dari 2009 sampai 2022, itu ada 196 surat yang disampaikan. Sebagian yang sudah kita sampaikan follow up yang sudah dilakukan oleh Inspektorat Jenderal kita juga sudah sampaikan,” lanjutnya.

Menteri Keuangan mengatakan bahwa laporan PPATK sebelumnya sudah ditindak dengan hukuman disiplin.

Baca Juga: Ammar Zoni Tersandung Kasus Narkoba Lagi, Dulu Blak-blakan Bicara Ganja Adalah Tanaman Tuhan

Namun masih ada 70 laporan yang perlu mendapat perhatian dan keterangan tambahan.

“Ada yang dilakukan eksaminasi, ada yang memang kalau kasusnya terbukti maka dilakukan hukuman disiplin. Ada yang sudah dicopot atau dikeluarkan, itu semua ada statusnya,” ungkap Sri Mulyani.

“Menurut Pak Ivan (Kepala PPATK) masih ada 70 yang kita perlu memberikan keterangan tambahan," jelasnya.Baca Juga: Jelang Bulan Ramadhan, Bank Indonesia Jawa Tengah Keluarkan 7 Strategi Jaga Inflasi

Ketika ditanya mengenai aliran dana yang ada di lingkungan Kementerian Keuangan yakni Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Sri Mulyani mengaku sudah menerima surat laporan namun belum sempat dibuka.

“Karena saya baru menerima suratnya tadi pagi, jadi saya belum melihat angkanya. Mengenai 300 triliun itu terus terang saya tidak lihat dalam surat itu nggak ada angkanya. Jadi saya juga nggak tau 300 triliun itu dari mana angkanya,” ucapnya.

Ia mengatakan akan berkoordinasi dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengenai temuan transaksi tersebut.

Baca Juga: Cabut Gugatan Cerai? Aldila Jelita Sebut Kemungkinan Besar Balikan dengan Indra Bekti

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X