Java Indonesia Project (JIP) Ikhtiar Sajikan Musik Indie

- Kamis, 13 Desember 2018 | 21:27 WIB
Rilis Java Indonesia Project (JIP). (suaramerdeka.com/Benny Benke)
Rilis Java Indonesia Project (JIP). (suaramerdeka.com/Benny Benke)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mengusung semangat kemandirian, solidaritas, dan kebebasan berekspresi, Java Indonesia Project (JIP) berkelaborasi bersama Soundsations menyelenggarakan Indieland ”Land of Expression”. Yang akan diselenggarakan pada 15 Desember 2018 di Summarecon Digital Center.

Kegiatan yang untuk pertama kalinya diselenggarakan ini akan melibatkan lima band papan atas, dan 14 band indie hasil audisi indieLand, sejak dua bulan lalu.

lkrar Ariandara (Ryan), Project Director Java Indonesia Project (JIP) mengatakan, saat ini industri musik di Tanah Air tak terlepas dari Musik Indie. ”Musik Indie adalah semangat pergerakan yang bebas untuk menghasilkan karya musik  tanpa campur tangan label. Atau pemain besar di industri musik
sendiri. Semangat untuk mencari peluang demi memajukan dan menunjukan karya kepada khalayak luas menjadi poin penting dalam pergerakan musik indie saat ini,” katanya, di Jakarta, Kamis (13/12).

Untuk itu, Ianjutnya, Indieland x Soundsations diselenggarakan dengan tujuan memberikan ruang kepada musisi indie untuk bisa meng-eksplorasi diri.

Dengan konsep besar performers meet industry, acara Indieland "Land of Expression” diharapkan memberikan pengalaman baru, dan berbeda kepada mususi indie untuk bebas berekspresi.

Menurut Reza Pamungkas, selaku advisor, meski pun nantinya band-band indie jebolan Indielan X Soundsation ini memiliki sebuah naungan label, mereka haruslah tetap memiliki identitas tersendiri. "Karena independency adalah nafas dari sebuah band indie, itu tidak dapat ditawar, tugas kami disini memfasilitasi tanpa melunturkan identitas mereka,” ujarnya.

Perjalanan Indieland yang sudah dimulai sejak bulan November 2018, di mana pihak penyelenggara membuka kesempatan bagi semua band di tujuh lokasi untuk bisa bergabung dengan mendaftarkan karyanya pada website resmi indieland www.Javaindonesiaproject.co.id indieland.

Setelah terkumpul, karya-karya tersebut dikurasi oleh Gara Gara Musik. Sebuah komunitas yang peduli kemajuan musik indie.

Digawangi Rudy lrawan dari JIP, Fia (Riuh Sunyi) dan Tania Samantha dari Gara Gara Musik, berhasil menyeleksi dari sekitar 350 lagu untuk dipilih 70 band yang akan mengikuti offline audition ‘Road To indieland" yang terbagi di 7 titik wilayah di 3 Provins. Dan dikurasi oleh kurator, seperti Adoy (Bonita & The Husband), Fia (Riuh Sunyn), Adzie Ruslan (Parkir Musik), Viddy Sum (Founder FORM), Gatot Suryo (Kamar Musik Nusantara), dan Alex Kuple (Bassist)

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

NOAH Remake 'Menghapus Jejakmu', Simak Lirik Lagunya

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:51 WIB

Danar - Yang Terdalam (NOAH) Buat Ariel Tersenyum

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:20 WIB
X