Michael Jackson (1) - Kesepian dan Terisolasi di Masa Mudanya

- Minggu, 4 April 2021 | 12:00 WIB
(istimewa)
(istimewa)

BICARA soal Michael Jackson, nggak akan bisa lepas dengan julukannya sebagai king of pop. Termasuk gerakan gayanya di atas panggung yang biasa disebut moon walk. Serta tarikan vokalnya yang tipis seperti anak perempuan atau anak kecil. Tetapi juga tak ketinggalan lagu-lagunya yang selalu menjadi hits dalam berbagai genre musik yaitu pop, RNB, soul, rock, dan disco. Itulah lima wilayah yang pernah dijelajahi Jacko.

Michael Jackson lahir dengan nama lengkap Michael Joseph Jackson. Dia lahir di Gary, Indiana, dekat Chicago, pada 29 Agustus 1958. Dia adalah anak kedelapan dari sepuluh bersaudara keluarga Jackson. Keluarga Afrika-Amerika ini merupakan kelas pekerja yang tinggal di rumah dua kamar di Jackson Street. Ibunya, Katherine Esther Jackson, adalah seorang pemain klarinet dan piano. Ayahnya, Joseph Walter "Joe" Jackson, adalah mantan petinju, sekaligus seorang operator crane di A.S. Steel dan bermain gitar dengan band yang memainkan rhytm & blues lokal, Falcons, untuk menambah penghasilan keluarga.

Michael sendiri tumbuh dengan tiga saudara perempuan (Rebbie, La Toya, dan Janet) dan lima saudara laki-laki (Jackie, Tito, Jermaine, Marlon, dan Randy). Sementara saudara keenam, saudara kembar Marlon, Brandon, meninggal tak lama setelah kelahiran. Di masa kecilnya, Michael kerap mendapat perlakuan kasar dari ayahnya. Joe, sang ayah mengakui, bahwa ia secara teratur mencambuk Michael. Michael mengatakan ayahnya menyebut dirinya memiliki "hidung yang gemuk," dan secara teratur melecehkannya fisik dan emosional selama latihan. Dia ingat bahwa Joe sering duduk di kursi dengan ikat pinggang di tangannya ketika dia dan saudara-saudaranya berlatih, siap untuk secara fisik menghukum kesalahan.

-
Michael Jackson & The Jackson 5. (istimewa)

Akan tetapi Katherine Jackson menyatakan bahwa meski pun mencambuk dianggap pelecehan di zaman yang lebih modern, namun cara itu adalah cara yang umum untuk mendisiplinkan anak-anak ketika Michael tumbuh dewasa. Jackie, Tito, Jermaine dan Marlon mengatakan, bahwa ayah mereka tidak kasar dan cambuk, yang lebih keras pada Michael karena dia lebih muda, membuat mereka disiplin dan keluar dari masalah. Sementara dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey pada tahun 1993, Jackson mengatakan bahwa masa mudanya kesepian dan terisolasi.

Pada tahun 1964, Michael dan Marlon bergabung dengan Jackson Brothers, band yang dibentuk oleh ayah mereka yang meliputi Jackie, Tito, dan Jermaine — sebagai musisi cadangan yang memainkan congas dan tamborine. Pada tahun 1965, Michael mulai berbagi vokal utama dengan Jermaine, dan nama grup diubah menjadi Jackson 5. Tahun berikutnya, grup ini memenangkan pertunjukan bakat. Pada saat itu  Michael menampilkan tarian untuk lagu Robert Parker 1965 "Barefootin" dan menyanyikan lagu utama untuk The Temptations' "My Girl." Dari 1966 hingga 1968 mereka melakukan tur di Midwest, mereka sering bermain di serangkaian klub hitam yang dikenal sebagai "Sirkuit Chitlin" sebagai aksi pembuka untuk artis seperti Sam & Dave, O'Jays, Gladys Knight, dan Etta James. Jackson 5 juga tampil di klub dan lounge koktail, dan di auditorium sekolah menengah. Pada bulan Agustus 1967, saat berkeliling di Pantai Timur, mereka memenangkan konser malam mingguan amatir di Teater Apollo di Harlem.

Selanjutnya Jackson 5 merekam beberapa lagu untuk label rekaman Gary, Steeltown Records. Single pertama mereka, "Big Boy", dirilis pada tahun 1968. Bobby Taylor dari Bobby Taylor & the Vancouvers membawa Jackson 5 ke Motown setelah grup tersebut tampil di Chicago's Regal Theatre pada tahun 1968. Setelah menandatangani kontrak dengan Motown, keluarga Jackson pindah dari Gary ke Los Angeles. Pada tahun 1969, para eksekutif di Motown memutuskan Diana Ross harus memperkenalkan Jackson 5 kepada publik, sebagai upaya untuk meningkatkan kariernya di televisi. Jackson 5 membuat penampilan televisi pertama mereka pada tahun 1969 di Miss Black America Pageant di mana mereka membawakan lagu "It's Your Thing." Majalah Rolling Stone kemudian menggambarkan Michael muda sebagai "keajaiban" yang mampu memantik pesona para penonton. (Bersambung)

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Mick Jagger Kolaborasi dengan Adiknya, Ini Lagunya

Minggu, 19 September 2021 | 17:55 WIB

Duran Duran (3), Sempat Ditanggapi Dingin di Amerika

Minggu, 19 September 2021 | 08:29 WIB

The Beatles Rilis Edisi Khusus Album Let It Be

Sabtu, 18 September 2021 | 23:42 WIB

Aespa Comeback dengan Album Menggunakan Teknologi AR

Sabtu, 18 September 2021 | 09:29 WIB

BTS Ditunjuk sebagai Utusan Khusus, Ini Tugasnya

Sabtu, 18 September 2021 | 08:09 WIB

Jungkook BTS Jual Apartemen, dan Beli Rumah Mewah

Sabtu, 18 September 2021 | 07:36 WIB
X